Tengok Penampakan Sirkuit Mandalika yang Bakal Jadi Tuan Rumah MotoGP

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 12 April 2021 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 38 2393321 tengok-penampakan-sirkuit-mandalika-yang-bakal-jadi-tuan-rumah-motogp-PEKlacVayi.jpg Sirkuit Mandalika. (Foto: MotoGP)

LOMBOK – Indonesia patut berbangga, karena sebentar lagi Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, itu akan menjadi tuan rumah ajang balapan paling terkenal di dunia, yakni MotoGP. Lokasi balapannya pun sampai saat ini masih dalam tahap pembangunan dan diprediksi akan siap pada 2022 mendatang.

Sebenarnya Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021 ini. Namun, karena adanya pandemi virus corona yang merebak pada 2020 kemarin, membuat pembangunan sirkuit tersebut sempat terganggu.

Meski sekarang pembangunan masih terus berlangsung, namun pihak Dorna Sport selaku penyelenggara ajang MotoGP dan Federasi Balap Motor Indonesia (FIM), menilai Sirkuit Mandalika takkan rampung di tahun ini.

Baca Juga: Meski Diundur ke MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Tetap Jadi Tuan Rumah WorldSBK 2021

Sirkuit Mandalika (Antara)

Padahal seri Asia di MotoGP 2021 bakal dimulai sejak Oktober mendatang. Karena waktu yang tak cukup itulah pada akhirnya pihak Indonesia dan Dorna Sport sepakat untuk menunda balapan perdana di Sirkuit Mandalika setahun lagi.

Lantas bagaimana kondisi Sirkuit Mandalika saat ini? Dalam sebuah video yang diposting oleh akun twitter resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika masih benar-benar dalam tahap pembuatan. Tribun-tribun penonton masih belum ada dan fasilitas seperti paddock area dan hal-hal yang dapat menunjang balapan pun masih banyak yang belum lengkap.

Kendati begitu, lintasan sebenarnya sudah terbentuk dan terlihat sangat menarik. Meski beberapa sektor masih ada yang belum teraspal, namun setidaknya sudah ada gambaran bagaimana bentuk dari trek Sirkuit Mandalika.

Penasaran? Tengok saja foto di bawah ini. Terlihat pada saat garis start aspal dari trek Sirkuit Mandalika sudah terbentuk dengan rapih. Namun sayang, samping kiri dan kanan lintasan masih tak ada apa-apa alias masih berupa tanah kosong.

Penampakan garis start Sirkuit Mandalika

Lalu pada foto kedua saat melewati tikungan ke-10, lintasan aspal itu perlahan mulai menghilang. Meski begitu, bentuk dari lintasan masih ada.

Sirkuit Mandalika baru mengaspal lintasan sampai tikungan ke-10

Foto selanjutnya menampilkan tanah kosong yang nantinya akan terbangun area paddock. Dapat dilihat area tersebut cukup luas karena akan menampung kurang lebih 10 tim di kelas MotoGP.

Tanah kosong yang nantinya akan jadi paddock area

Menariknya, Sirkuit Mandika yang berada di Lombok itu mengingat para pencinta MotoGP akan Sirkuit Philip Island. Sebab lokasi balapan sama-sama di dekat pantai yang membuat pemandangan laut menjadi salah satu daya tariknya.

Sirkuit Mandalika memiliki pemandangan laut yang indah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini