Kekuatan Motor Yamaha Baru Benar-Benar Akan Teruji di MotoGP Portugal 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 12 April 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 38 2393198 kekuatan-motor-yamaha-baru-benar-benar-akan-teruji-di-motogp-portugal-2021-utzUXWgBhf.jpg Dua pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. (Foto: MotoGP)

PORTIMAO Yamaha mungkin menjadi tim pabrikan yang paling bersinar di dua awal balapan MotoGP 2021. Bagaimana tidak, dua pembalap Yamaha nyatanya berhasil menang di Sirkuit Losail pada seri Qatar dan GP Doha.

Dua pembalap Yamaha itu adalah Maverick Vinales yang menang di MotoGP Qatar 2021 dan Fabio Quartararo yang finis pertama saat mentas di seri Doha. Dengan menguasai dua balapan tersebut, maka Yamaha kini sedang dijagokan.

Banyak yang menilai tampaknya Yamaha telah berhasil mendapatkan motor terbaiknya. Sebab seperti yang diketahui, dalam beberapa tahun terakhir ini Yamaha kesulitan karena selalu gagal membuat motor YZR-M1 tampil kompetitif.

Baca Juga: Meski Diundur ke MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Tetap Jadi Tuan Rumah WorldSBK 2021

Quartararo menang di MotoGP Doha 2021

Dengan kebangkitan Yamaha itu, tim berlogo garpu tala tersebut pun diprediksi akan kembali bersinar di seri ketiga MotoGP 2021, yang mana akan dihelat di Sirkuit Portimao, Portugal. Balapan MotoGP Portugal 2021 itu tepatnya digelar pada Minggu 18 April 2021.

Akan tetapi, fakta lain justru mengatakan Yamaha justru tampil kurang baik kala mentas di Sirkuit Portimao pada musim lalu. Tiga dari empat pembalap Yamaha finis di luar 10 besar, yakni Valentino Rossi, Vinales, dan Quartararo.

Hanya Franco Morbidelli yang saat ini masih berada di Tim Petronas Yamaha SRT yang mampu tampil baik di MotoGP Portugal 2021. Rider asal Italia tersebut tepatnya mampu finis di urutan ketiga.

Morbidelli pun dinilai mampu tampil baik di Sirkuit Portimao tersebut karena mengawali balapan dengan sangat baik lantaran bisa memulai dari posisi kedua. Sedangkan Vinales, Rossi, dan Quartararo kesulitan karena mereka memulai race tidak dari baris terdepan.

Lantas siapa yang harus diwaspadai jika bukan Yamaha pada saat balapan di MotoGP Portugal 2021? Jawabannya mungkin adalah KTM dan Ducati. Sebab dua tim pabrikan tersebut memiliki motor yang bisa tampil baik di Sirkuit Portimao.

Miguel Oliveira saat menang di MotoGP Portugal 2020

Pada MotoGP Portugal 2020 kemarin, Miguel Oliveira (KTM) dapat tampil luar biasa hingga akhirnya memenangkan balapan tersebut. Oliveira pun dibuntuti oleh Jack Miller yang masih bersama Pramac Ducati, kemudian disusul Morbidelli di tempat ketiga.

Jadi, kesimpulannya adalah bangkitnya Yamaha atau tidak bisa terlihat di GP Portugal pada akhir pekan ini. Jika Yamaha dapat memenangkan balapan atau menguasai podium, maka itu bisa menjadi bukti bahwa tim tersebut mulai bangkit dari keterpurukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini