Tanpa Dovizioso Ducati Kehilangan Taji di Qatar, Begini Reaksi Ciabatti

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 38 2392351 tanpa-dovizioso-ducati-kehilangan-taji-di-qatar-begini-reaksi-ciabatti-H1vgOxF3sJ.jpg Andrea Dovizioso (Foto: Laman resmi MotoGP)

DOHA – Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, menanggapi omongan miring tentang performa timnya di MotoGP Qatar dan Doha 2021. Ia menilai bahwa kegagalan Ducati memenangi dua balapan tersebut bukan karena absennya Andrea Dovizioso.

Seperti diketahui, pada musim ini, Qatar terpaksa menggelar balapan ganda karena adanya pandemi Covid-19. Balapan pertama atau MotoGP Qatar berlangsung pada akhir Maret. Selang sepekan, MotoGP Doha terlaksana pada awal April 2021.

Podium MotoGP Doha 2021

Berdasarkan catatan, Ducati sendiri memiliki kekuatan ketika mentas di Sirkuit Losail, Qatar. Terbukti pada 2018 dan 2019, Ducati selalu memenangi MotoGP Qatar lewat pembalap lamanya yakni Andrea Dovizioso.

Baca juga Ciabatti Tak Khawatir meski Ducati Gagal Rebut Kemenangan di Qatar

Namun, pada musim ini, Ducati harus kehilangan podium utamanya setelah dua pembalap pabrikan Yamaha mampu unjuk gigi. Mereka adalah Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Sementara Ducati harus gigit jari.

Baca juga Aleix Espargaro Tak Sabar Lihat Andrea Dovizioso Kendarai Motor Aprilia

Situasi tersebut membuat banyak pihak menilai bahwa Ducati melakukan kesalahan dalam melepas Dovizioso. Namun, Ciabatti menolak anggapan tersebut karena kondisi dua tahun lalu dengan musim ini berbeda, terutama pada kinerja ban.

Karena itu, apa pun bisa terjadi pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail tersebut. Bahkan jika harus berkaca pada 2020, Dovizioso tidak mampu tampil kompetitif saat melakoni tes pramusim di Qatar.

“Mereka yang mengandalkan fakta bahwa Ducati menang di Qatar pada 2018 dan 2019 bersama Dovizioso, tidak memperhitungkan bahwa ban yang digunakan berbeda dengan sekarang,” ungkap Ciabatti, mengutip dari Motorsport, Sabtu (10/4/2021).

“Pada tes pramusim 2020, Dovizioso tidak sekompetitif sebelumnya. Jadi, kami sangat puas dengan peningkatan yang telah kami buat,” tambahnya.

Andrea Dovizioso

Meski gagal meraih kemenangan di dua balapan tersebut, tetapi Ducati masih menguasai podium. Pada MotoGP Qatar, Francesco Bagnaia keluar sebagai pole position dan merebut podium ketiga. Sedangkan posisi kedua menjadi milik Johann Zarco (Pramac Ducati).

Lalu di MotoGP Doha, giliran Jorge Martin (Pramac Ducati) yang tampil sebagai pole position. Martin juga sukses menyelesaikan balapan di tempat ketiga dan rekan setimnya, Zarco mampu berdiri di urutan kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini