Telat Ubah Set-up Bikin Valentino Rossi Memble di MotoGP Doha 2021

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 38 2390057 telat-ubah-set-up-bikin-valentino-rossi-memble-di-motogp-doha-2021-HuR0qZLLrw.jpg Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

DOHA – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, hanya bisa finis di posisi ke-16 dalam gelaran MotoGP Doha 2021. Hasil tersebut tentunya disesali oleh Valentino Rossi karena ia merasa bisa finis di posisi yang lebih baik.

Valentino Rossi mengungkapkan bahwa ia telat mengetahui untuk megubah set-up elektronik pada motornya. Pembalap berjuluk The Doctor itu baru melakukan perubahan set-up elektronik pada sesi pemenasan ketika balapan hendak dimulai.

Baca juga: Johann Zarco Tak Menyangka Bisa Pimpin Klasemen MotoGP 2021

Padahal, Valentino Rossi yakin seandainya ia menggunakan set-up tersebut pada saat sesi latihan bebas dan kualifikasi, ia akan mampu start dari posisi yang lebih baik. Sebab, dalam balapan MotoGP Doha 2021, The Doctor harus start dari baris paling belakang.

Valentino Rossi

Pembalap 42 tahun itu tidak memungkiri bahwa ia mengalami kesulitan untuk bisa menembus posisi depan karena start terlalu jauh. Meskipun Valentino Rossi sudah menggunakan swing arm aluminium, namun itu tidak banyak membantu.

Baca juga: Harapan Valentino Rossi di MotoGP 2021

"Kami mencoba swing arm aluminium karena saya mengalami banyak getaran di roda belakang. Setelah beberapa lap, ban terlepas dan menghasilkan getaran,” jelas Valentino Rossi, dinukil dari Motorsport Total, Selasa (6/4/2021).

“Sedikit lebih baik dengan swing arm aluminium. Namun, ini tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah,” lanjut juara dunia sembilan kali tersebut.

“Itu (perubahan set-up elektronik) membantu saya memiliki kecepatan yang lebih konsisten," jelasnya. Sayangnya kami baru tahu itu pada pagi hari (jelang balapan)," tukas Valentino Rossi.

Karena hanya finis di posisi ke-16 pada MotoGP Doha 2021, maka Valentino Rossi tidak memperoleh poin sama sekali. Sedangkan pada balapan seri perdana, The Doctor hanya membawa pulang empat poin lantaran finis ke-12.

Valentino Rossi

Dengan catatan tersebut, kini Valentino Rossi menduduki posisi ke-14 klasemen sementara. The Doctor tertinggal 36 poin dari pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco, yang menduduki puncak klasemen.

Sementara itu, adaik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, menempati urutan ke-17 dengan nol poin. Pada balapan pertama, Marini pasalnya hanya bisa finis ke-16. Sedangkan pada seri kedua ia finis ke-18.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini