Ingin Menang Lagi, Vinales Siapkan Strategi Baru di MotoGP Doha 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 03 April 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 03 38 2388728 ingin-menang-lagi-vinales-siapkan-strategi-baru-di-motogp-doha-2021-1TvkTJlWv9.jpg Maverick Vinales. (Foto: Instagram/@maverick12official)

LOSAIL – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengincar kemenangan lagi di Sirkuit Losail, Qatar, pada akhir pekan ini. Tetapi untuk memenangi balapan di MotoGP Doha 2021, Vinales menyadari bahwa dirinya perlu mempersiapkan strategi baru.

Vinales diketahui berhasil meraih kemenangan dalam balapan seri pembuka yang bertajuk MotoGP Qatar 2021. Tampil di Sirkuit Losail, Qatar, Senin 30 Maret 2021 dini hari WIB, dia menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis dengan catatan waktu keseluruhan 42 menit 28,663 detik.

Maverick Vinales

Untuk meraih kemenangan tersebut, Vinales yang memulai balapan dari posisi ketiga sendiri sempat tercecer ke baris belakang. Tetapi, di pertengahan lomba, dia perlahan berhasil melewati satu per satu lawannya hingga akhirnya memimpin.

BACA JUGA: Bagnaia: Pembalap Suzuki dan Yamaha Masalah Ducati di MotoGP Doha 2021

Soal strategi, Vinales berusaha menghemat ban di awal balapan. Maka dari itu, The Top Gun –julukan Vinales- tidak terburu-buru untuk mengejar. Dia khawatir jika memacu motornya dengan sangat kuat di awal, hal itu akan membuat ban yang dipakainya semakain cepat menipis.

BACA JUGA: Gemilang di Latihan Bebas MotoGP Doha 2021, Bagnaia: Motornya Sangat Nyaman

Tetapi, Vinales merasa strategi ini tak lagi bisa digunakannya dalam meraih kemenangan di MotoGP Doha 2021. Sebab, para rivalnya sudah membaca dengan baik strategi itu dan siap untuk menjegalnya.

Karena itu, pembalap asal Spanyol itu pun mengaku sudah mempersiapkan strategi baru. Dengan begitu, dia siap untuk bisa bersaing dengan para rivalnya, khususnya pembalap Ducati yang selalu tampil dominan. Balapan sesungguhnya sendiri akan digelar pada Senin 5 April 2021 dini hari WIB.

“Saya tidak berpikir itu akan berhasil lagi. Dua balapan di trek yang sama tidak pernah identik. Di balapan pertama, kami mendorong di saat yang tepat,” ujar Vinales, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Sabtu (3/4/2021).

Maverick Vinales

“Saat Ducati mengendur sedikit, kami ada di sana. Sekarang kami mungkin membutuhkan strategi yang berbeda," lanjutnya.

“Kami harus mencoba memulai lagi secara relatif jauh di depan. Untuk menjadi yang pertama berbelok ke tikungan pertama, kami mungkin tidak akan bisa melakukannya. Ducati terlalu kuat di awal. Kemudian, kami harus memastikan bahwa kami mengelola ban agar tidak roboh,” tukas Vinales.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini