5 Fakta MotoGP Qatar 2021, dari Bobroknya Valentino Rossi Sampai Aksi Apik Vinales

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 38 2385702 5-fakta-motogp-qatar-2021-dari-bobroknya-valentino-rossi-sampai-aksi-apik-vinales-gHgOeNkNgt.jpg Podium MotoGP Qatar 2021. (Foto: MotoGP)

MOTOGP Qatar 2021 yang menjadi balapan perdana musim ini telah rampung digelar. Berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, pada Senin (29/3/2021) dini hari WIB, balapan berjalan begitu seru dan menarik.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) pun berhasil keluar sebagai pemenang. Di podium, dia ditemani oleh Johann Zarco (Pramac Ducati) dan pembalap Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia.

BACA JUGA: Quartararo Penasaran Ingin Intip Data Vinales Usai Menangi MotoGP Qatar 2021

Usai balapan digelar, ada sederet fakta menarik dari balapan MotoGP Qatar 2021 ini. Apa saja fakta tersebut? Berikut lima fakta MotoGP Qatar 2021.

BACA JUGA: Absen, Marc Marquez Hanya Tonton MotoGP Qatar 2021 dari Rumah

5. Sang Juara Bertahan Gagal Unjuk Gigi

Salah satu fakta menarik terdapat dari sosok sang juara bertahan, Joan Mir. Ya, penampilannya jadi salah satu yang sangat disorot usai tampil gemilang di sepanjang musim 2020 hingga menyabet gelar juara perdananya di kelas MotoGP.

Joan Mir

Tetapi, Mir belum bisa menorehkan penampilan yang terbilang sangat fantastis di balapan perdana MotoGP Qatar 2021 dengan statusnya yang menjadi juara bertahan ini. Dia hanya memulai balapan dari urutan ke-10 di Qatar.

Meski berhasil melakukan peningkatan pesat, Mir akhirnya hanya finis di urutan keempat dengan catatan waktu terpaut 1,222 detik dari Vinales. Apakah Mir bisa melakukan peningkatan pesat di balapan sebelumnya?

4. Valentino Rossi Tercecer

Selanjutnya, fakta menarik terdapat dari sosok Valentino Rossi. Ya, kiprah pembalap ini jadi salah satu yang tak kalah disorot dalam balapan MotoGP Qatar 2021, mengingat Rossi baru berpindah tim ke Petronas Yamaha SRT.

Valentino Rossi

Harapan besar pun diberikan kepada sosok Rossi dalam menjalani balapan di Sirkuit Losail pada dini hari tadi. Sebab, The Doctor -julukan Rossi- diketahui dapat tampil gemilang di sesi kualifikasi hingga menyegel posisi keempat di starting grid.

Sayangnya, aksi Rossi berbanding terbalik dari saat kualifikasi pada balapan MotoGP Qatar 2021. Sempat bertarung di baris depan untuk menempati tiga besar, Rossi kemudian terus tercecer ke belakang hingga hanya finis di urutan ke-12. Usai balapan, dia mengaku kecewa dengan hasil ini.

3. Honda Masih Menderita Tanpa Marc Marquez

Fokus berikutnya beralih ke tim Honda. Dalam balapan MotoGP Qatar 2021 ini, mereka kembali menunjukkan tak bisa berjaya tanpa hadirnya sang pembalap andalan, Marc Marquez.

Marc Marquez

Ya, Marquez memang harus menunda momen comeback-nya karena masih fokus memulihkan cedera. Tanpa Marc Marquez, Honda ternyata gagal tampil unjuk gigi lewat sejumlah pembalapnya musim ini.

Hal itu turut tak bisa dilakukan oleh pembalap rekrutan baru Honda untuk tim pabrikannya, yakni Pol Espargaro. Dia hanya finis di urutan kedelapan. Itu jadi hasil terbaik Honda di Qatar.

2. Kemenangan Ketiga Vinales di Qatar

Selain tiga hal tersebut, fakta menarik tentu saja datang dari sosok pemenang MotoGP Qatar 2021, yakni Maverick Vinales. Ya, penampilan gemilangnya berhasil mengundang decak kagum dari banyak orang.

Maverick Vinales

Terlebih, Yahama dinilai cukup kesulitan saat tampil di Sirkuit Losail pada dini hari tadi. Tetapi, Vinales tampil bak dari planet lain hingga keluar sebagai pemenang.

Bagi Vinales sendiri, kemenangan di Qatar bukan yang pertama kalinya didapat. Dia sudah punya pengalaman sebelumnya untuk menempati podium pertama di Sirkuit Losail. Ini jadi kemenangan ketiga baginya. Dua kemenangan lain diraih pada MotoGP 2017 dan Moto3 2012.

1. Terhentinya Dominasi Ducati di Qatar

Terakhir, fakta menarik datang dari Tim Ducati. Kemenangan Vinales membuat dominasi Ducati terhenti di Sirkuit Losail. Sebelumnya, mereka menang dua musim beruntun, yakni pada 2018 dan 2019 lewat aksi Andrea Dovizioso.

Podium MotoGP Qatar 2021

Pada musim 2020, balapan di Qatar harus batal digelar karena merebaknya virus Covid-19. Kini, tanpa kehadiran Andrea Dovizioso di Tim Ducati, mereka gagal mendominasi balapan.

Padahal sejatinya, peluang untuk menang terbuka lebar untuk Ducati. Di awal balapan, empat pembalap mereka berhasil mengisi barisan terdepan dengan dipimpin oleh Bagnaia. Tetapi sayang, di pertengahan lomba, satu per satu berhasil tersalip hingga kemenangan gagal diraih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini