5 Fakta Menpora Respons Aprilia Manganang yang Ternyata Laki-Laki Tulen

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 43 2375861 5-fakta-menpora-respons-aprilia-manganang-yang-ternyata-laki-laki-tulen-GcWjPZHDar.jpg Aprilia Manganang. (Foto/Instagram)

MANTAN pevoli, Aprilia Manganang telah dipastikan berjenis kelami laki-laki. Hal tersebut diastikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, saat menjelaskan kondisi langka, Aprilia Manganang, yang kini menjadi prajurit TNI berpangka Serda (Sersan Dua).

Foto/Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, mengambil sikap atas status jenis kelamin Aprilia Manganang. Dia menegaskan bahwa status jenis kelamain Aprilia Manganang sebagai tindakan yang tidak bisa disalahkan karena landasan medis.

Berikut 5 Fakta Menpora merespons Aprilia Manganan yang ternyata laki-laki tulen:

5. Kejadian Tidak Sengaja

Aprilia Manganang, menderita hipospadias sedari lahir sehingga dianggap perempuan. Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

Foto/Instagram

Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan serius. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, saat menjelaskan kondisi langka, Aprilia Manganang, yang kini menjadi prajurit TNI berpangka Serda (Sersan Dua).

Baca juga: Sebelum Terjun ke Voli, Aprilia Manganang Dalami Cabor Atletik

Menpora mengatakan bahwa kejadian yang dialami Aprilia Manganang harus disikapi sebagai kejadian yang tidak disengaja.

“Tidak ada yang mau mengaku-ngaku seperti ini, setelah dilakukan pemeriksaan detil baru diketahui jenis kelamin Aprilia laki-laki," tutur Menpora, Rabu (10/3/2021).

4. Status Atlet Sebelumnya Tidak Dipermasalahkan

Sehubungan dengan yang sudah terjadi sebelumnya di bidang olahraga, Menpora menilai hal itu sudah sesuai dengan statusnya saat ia masih berjenis kelamin wanita.

Foto/Instagram

Pada Asian Games di Jakarta 2018 silam, Aprilia Manganang mendapat sorotan. Tubuhnya yang kekar dan wajahnya yang memiliki menyerupai laki-laki, membuatnya sering menjadi berita utama.

Baca juga: Kiprah Aprilia Manganang saat Bela Klub Voli Putri Thailand

Bahkan sebelum bergabung dengan timnas voli, Serda Aprilia sudah menjalani tes spesifik sebelum memasuki kedinasan di TNI AD sehingga hasil pemeriksaan baik di dinas militer dan cabang olahraga sudah sesuai prosedur dan valid.

3. Bukan Kesalahan Apirlia Manganang

Aprilia tidak bisa menangani kondisinya dengan maksimal karena kondisi ekonomi keluarganya yang kurang mampu. Hal itu membuat Aprilia berstatus perempuan pada segala hal administrasi kependudukan.

Foto/Instagram

Menpora menegaskan bahwa kondisi itu bukan kesalahan Aprilia Manganang.

"Kalau saat itu dia sadar (berkelamin) laki-laki dan tidak mengakui itu adalah tindakan yang tidak fair. Tapi kan ini tidak. Bahkan dia sendiri tidak tahu bahwa dia berjenis kelamin laki-laki. Saya kira itu bukan kesalahan dia, juga bukan kesalahan siapa pun, dan dalam pemeriksaan terakhir yang lebih detil dan teliti ya ini hasilnya," kata Menpora.

2. Tahu Status Aprilia Manganang dari TNI

Sehubungan dengan pengumuman itu sejauh ini baik pihak Kemenpora dan PBVSI selaku induk cabang olahraga bola voli tidak mempermasalahkan fakta ini. Berdasarkan informasi dari Menpora, PBVSI juga baru mengetahui perubahan status kelamin Aprilia setelah mendengar pernyataan yang disampaikan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

Foto/Instagram

"Yang mengumumkan pertama kali kan Kasad, berdasarkan pemeriksaan dari RSPAD. Baik kami (Kemenpora), federasi dan cabor juga tahu informasi ini dari hasil pengumuman itu," tutur Menpora Zainudin.

1. Komite Olimpiade Nasional (NOC)

Aprilia akhirnya menjalani corective surgery untuk menangani kelainannya. Aprilia menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencanannya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia.

Foto/Instagram

Dengan status baru Aprilia Manganang, perlu dilakukan koordinasi dengan federasi internasional. Namun Menpora menegaskan hal tersebut bukan kewenangannya dan menjadi tugas Komite Olimpiade Nasional (NOC).

"Kami serahkan ke NOC, pemerintah terlalu jauh kalau ke situ. Itu tugasnya NOC, kita lihat saja nanti hasilnya seperti apa," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini