Aprilia Manganang Dinyatakan sebagai Pria, Ini Kata sang Kakak Amasya Manganang

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 43 2375374 aprilia-manganang-dinyatakan-sebagai-pria-ini-kata-sang-kakak-amasya-manganang-j6appKqqA9.jpg Amasya Manganang dan Aprilia Manganang. (Foto: Instagram/@manganang)

JAKARTA – Sosok mantan pevoli putri Indonesia, Aprilia Manganang, tengah mendapat sorotan besar dari publik. Hal ini terjadi lantaran pengumuman mengejutkan yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, soal gender Aprilia Manganang yang ternyata merupakan pria.

Kabar ini tentu saja sontak langsung membuat geger publik. Sebab, Aprilia selama ini telah dikenal secara luas sebagai seorang perempuan. Bahkan, dia pernah turut memperkuat Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia dan juga bergabung dengan Korps Wanita TNI Angkatan Darat.

Aprilia Manganang

Tetapi, setelah melalui pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021, Aprilia dinyatakan mengalami kelainan hipospadia. Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung.

BACA JUGA: 5 Fakta Aprilia Manganang, Mantan Pevoli Putri Indonesia yang Ternyata Seorang Pria

Terkait perubahan status gender Aprilia yang mengalami perubahan, sang kakak yang juga merupakan atlet voli Indonesia, Amasya Manganang, pun memberi tanggapan. Dia menyampaikannya lewat sebuah caption di Instagram.

BACA JUGA: Intip Penampilan Gagah Aprilia Manganang Kenakan Seragam TNI

Sembari mengunggah foto bersama Aprilia dan kedua orangtuanya, Amasya menulis bahwa jalan hidup setiap insan manusia di dunia ini tak pernah ada yang bisa mengetahuinya. Segala hal pun bisa saja terjadi jika memang sudah menjadi kehendak Tuhan.

“Jalan hidup manusia tidak ada yang tahu,” tulis Amasya Manganang di Instagram, @amasyamanganang.

Aprilia Manganang dan Amasya Manganang

“Tapi, kalau Tuhan sudah berkehendak, apa yang kita anggap mustahil sekalipun, bagi Dia tidak ada yang mustahil,” lanjutnya.

Setelah dikonfirmasi sebagai laki-laki, Aprilia Manangan sendiri menyatakan bakal mengganti namanya. Nama itu adalah pilihan dari Aprilia dan orangtuanya.

Akan tetapi, Aprilia harus mengubah lebih dulu statusnya dari perempuan menjadi laki-laki melalui jalur hukum. Pihak TNI sendiri memastikan bakal membantu Aprilia untuk melakukan hal itu. Dokumen-dokumen untuk syarat perubahan status Aprilia telah disiapkan oleh TNI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini