Intip Penampilan Gagah Aprilia Manganang Kenakan Seragam TNI

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 43 2375237 intip-penampilan-gagah-aprilia-manganang-kenakan-seragam-tni-jyB8SKz0Hi.jpg Aprilia Manganang (Foto: Instagram @manganang92)

JAKARTA – Aprilia Manganang adalah mantan atlet voli nasional. Namun, saat ini ia sedang ramai diperbincangkan karena baru diketahui bahwa dirinya adalah laki-laki. Padahal, selama ini Aprilia Manganang dianggap perempuan dan bermain untuk tim voli putri.

Aprilia Manganang memang diketahui memiliki tubuh yang kekar dan kerap bergaya seperti laki-laki. Karena itu, kemunculannya di Timnas Voli Putri Indonesia membuat banyak pihak kaget dan kemudian mempertanyakan status gendernya.

Baca juga: Aprilia Manganang Ternyata Seorang Pria, Ini Komentar Berllian Marsheilla

Tubuh kekar yang dimiliki Aprilia Manganang tentunya bukan hanya pajangan. Sebab, ia benar-benar tampil tangguh ketika bertanding di lapangan. Selain itu, Aprilia Manganang juga memiliki smash (pukulan) mematikan yang kerap membuat lawan-lawannya mati langkah.

Aprilia Manganang

Saat berlaga di SEA Games 2015, Tim Filipina yang dikalahkan Indonesia dengan skor 0-3 sempat mempersoalkan status gender Aprilia Manganang. Akan tetapi, pada saat itu Aprilia Manganang tetap bisa tampil membela Timnas Voli Putri Indonesia karena tuduhan Filipina tak disertai bukti kuat.

Aprilia Manganang

Baca juga: Ternyata Seorang Pria, Mantan Pevoli Aprilia Manganang Raih Banyak Medali di SEA Games

Di luar kariernya sebagai pevoli, Aprilia Manganang sendiri diketahui merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Potretnya dalam balutan seragam TNI pun bisa memukau banyak pasang mata.

Aprilia Manganang

Aprilia Manganang tampil begitu gagah saat mengenakan seragam TNI. Meski pada awalnya ia bergabung dengan TNI sebagai perempuan, namun kini ia telah memperbarui statusnya. Pihak TNI pun bersedia membantu Aprilia dalam prosesnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyatakan Serda (Sersan Dua), Aprilia Manganang, menderita hipospadias sedari lahir sehingga dianggap perempuan. Ia pun cukup memaklumi kekeliruan yang selama ini terjadi.

Sekadar informasi, Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

Aprilia Manganang

Anak ini termasuk dalam kasus Hipospadias serius sehingga paramedis, yang membantu kelahirannya, dan orangtua menilai secara fisik, bahwa dia perempuan," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Dari pemeriksaan urologi, Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ-organ internal jenis kelamin perempuan," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini