Ternyata Seorang Pria, Mantan Pevoli Aprilia Manganang Raih Banyak Medali di SEA Games

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 43 2375189 ternyata-seorang-pria-mantan-pevoli-aprilia-manganang-raih-banyak-medali-di-sea-games-kAjFfnm8aw.jpg Aprilia Manganang (Foto: Instagram @manganang92)

JAKARTA – Nama Aprilia Manganang kembali ramai diperbincangkan. Pasalnya, mantan atlet voli nasional itu diketahui adalah seorang pria. Padahal, selama ini Aprilia dianggap perempuan dan berkompetisi di turnamen voli putri.

Aprilia Manganang merupakan salah satu pemain andalan Timnas Voli Putri Indonesia dalam satu dekade terakhir. Memiliki tubuh yang besar dan kekar membuat Aprilia selalu menjadi langganan Timnas Voli Putri Indonesia untuk berbagai turnamen internasional.

Baca juga: Awal Mula Mantan Pevoli Aprilia Manganang Disangka Wanita

Salah satu event olahraga yang sering diikuti Aprilia Manganang bersama Timnas Voli Putri Indonesia adalah SEA Games. Tercatat, Aprilia selalu terpilih ke dalam skuad untuk SEA Games 2013, 2015, dan 2017.

Aprilia Manganang

Menariknya, dalam setiap gelaran SEA Games tersebut Aprilia selalu berhasil membantu Timnas Voli Putri Indonesia meraih medali. Pada gelaran SEA Games 2013 misalnya, Indonesia berhasil menyabet medali perunggu.

Baca juga: Ternyata Seorang Pria, Aprilia Manganang Akan Ganti Nama

Kala itu, nomor voli putri hanya diikuti oleh lima negara, sehingga hanya ada satu grup dengan setiap tim bertemu. Indonesia finis di posisi ketiga setelah meraih dua kemenangan dan dua kekalahan. Indonesia kemudian menghadapi Myanmar yang ada di posisi keempat untuk perebutan medali perunggu dan berhasil meraih kemenangan.

Berselang dua tahun kemudian, Aprilia Manganang kembali dipanggil untuk ikut serta dalam SEA Games 2015. Dalam event kali ini ada tujuh negara yang ikut serta. Indonesia tergabung di grup B bersama Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Pada event inilah kehebohan sempat terjadi karena Filipina mempertanyakan status gender Aprilia Manganang. Akan tetapi, pada saat itu tidak ada cukup bukti, sehingga Aprilia Manganang bisa terus membela Timnas Voli Putri Indonesia.

Pada saat itu, Indonesia berhasil lolos dari fase grup dengan status runner-up. Di semifinal, Indonesia bersua Thailand dan kalah dengan skor 25-21, 13-25, 23-25, 13-25. Indonesia pada akhirnya harus puas kembali mendapatkan medali perunggu.

Amasya Manganang dan Aprilia Manganang

Berikutnya, di SEA Games 2017, Aprilia Manganang kembali menjadi andalan. Kali ini Aprilia berhasil mengantarkan Timnas Voli Putri Indonesia ke partai final setelah menumbangkan Vietnam di semifinal. Sayangnya, di partai puncak Indonesia takluk dari Thailand, sehingga hanya bisa mendapat medali perak.

Indonesia sebenarnya ingin mengandalkan Aprilia Manganang lagi di SEA Games 2019. Akan tetapi, kala itu Aprilia sedang mengalami cedera sehingga tidak bisa ikut bertanding. Aprilia pun tidak dipanggil ke dalam skuad. Kini, Aprilia Manganang sudah pensiun sebagai pemain voli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini