KSAD Andika Perkasa: Aprilia Manganang Laki-Laki Sejati

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 43 2375051 ksad-andika-perkasa-aprilia-manganang-laki-laki-sejati-60vjfNkGdJ.jpg Aprilia Manganang saat melakukan selfie. (Foto: Instagram/@manganang92)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyatakan Serda (Sersan Dua), Aprilia Manganang, menderita hipospadias sedari lahir sehingga dianggap perempuan. Padahal, Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan, bahwa Aprilia Manganang sejatinya adalah laki-laki.

Sekadar informasi, Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

KSAD

(KSAD Andika Perkasa saat memberi pernyataan pers terkait Aprilia Manganang. (Foto: Okezone.com/Andika Pratama)

Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia Manganang termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan serius.

Patut disayangkan, Aprilia Manganang tidak bisa menangani kondisinya dengan maksimal karena kondisi ekonomi keluarganya yang kurang mampu. Hal itu membuat Aprilia Manganang berstatus perempuan pada segala hal administrasi kependudukan.

Namun, kelainan Aprilia Manganang mendapat perhatian TNI, tempatnya mengabdi sejak 2016 silam. Jenderal TNI Andika Perkasa pun membantu Aprilia Manganang agar kelainan ini bisa ditangani dengan baik.

BACA JUGA: Pakai Kaus Hitam, Intip Foto-Foto si Keren Aprilia Manganang

Aprilia Manganang menjalani corective surgery untuk menangani kelainannya. Aprilia Manganang menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencanannya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia Manganang.

"Anak ini termasuk dalam kasus Hipospadias serius sehingga paramedis, yang membantu kelahirannya, dan orangtua menilai secara fisik, bahwa dia perempuan," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

Aprilia Manganang

(Aprilia Manganang tampil macho)

"Dari pemeriksaan urologi, Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ-organ internal jenis kelamin perempuan," tegasnya.

Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan itu dalam konferensi pers di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Selasa (9/3/2021), sore WIB. Pernyataan Jenderal TNI Andika Perkasa sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat tentang sosok Aprilia Manganang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini