Diminta Ibrahimovic Jauhi Aktivitas Politik, LeBron James Beri Jawaban Berkelas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 28 36 2369823 diminta-ibrahimovic-jauhi-aktivitas-politik-lebron-james-beri-jawaban-berkelas-zouo97lcCK.JPG Aksi LeBron James di lapangan (Foto: Reuters/Kirby Lee)

LOS ANGELES – Perang kata-kata antara pesepakbola Zlatan Ibrahimovic dan pebasket LeBron James kian runcing. King James kini membalas serangan dari Ibracadabra terkait sikapnya yang hampir selalu terlibat dalam aktivitas politik.

Sekadar informasi, belum lama ini Zlatan Ibrahimovic berbicara ke media soal sikapnya yang jarang bersuara mengenai isu-isu terhangat. Pria berusia 39 tahun itu kemudian menyinggung LeBron James yang dituding memanfaatkan statusnya untuk menyuarakan keresahan.

Baca juga: LeBron James Kurang Antusias Sambut NBA All-Star 2021

“(LeBron James) adalah seorang fenomena untuk apa yang dilakukannya. Namun, saya tidak suka ketika orang-orang memiliki semacam status, lantas menyuarakan sikap politik dalam waktu bersamaan,” tutur Zlatan Ibrahimovic.

Zlatan Ibrahimovic (Foto: Reuters)

“Lakukan saja apa yang menjadi keahlian Anda. Itu adalah kesalahan terbesar seseorang ketika menjadi terkenal dan meraih status tertentu. Menjauhlah (dari politik). Lakukan apa yang menjadi keahlian Anda karena itu tidak terlihat bagus,” lanjutnya.

Baca juga: Liverpool Minta Bantuan LeBron James untuk Dapatkan Jasa Kylian Mbappe

Terang saja, pendapat Zlatan Ibrahimovic itu disambut dingin oleh LeBron James. Pebasket berusia 35 tahun itu mengaku tidak akan menutup mulutnya ketika melihat ada sesuatu yang salah.

Menurut LeBron James, dirinya adalah bagian dari komunitas ketika sedang tidak bertanding. Karena itu, sudah menjadi kewajiban baginya untuk bersuara. Tidak mungkin James hanya fokus pada olahraga ketika mengetahui sisi positif dari popularitasnya.

“Saya tidak akan menutup mulut melihat sesuatu yang salah. Saya selalu bersuara untuk orang-orang (kulit hitam), soal kesetaraan, ketidakadilan sosial, rasisme, tekanan sistemis terhadap hak pilih, dan hal-hal lain yang terjadi di komunitas,” tegas LeBron James, dikutip dari Russia Today, Minggu (28/2/2021).

“Saya adalah bagian dari komunitas. Mereka butuh suara dan saya menjadi corong suara mereka. Saya menggunakan platform untuk terus menyoroti apa pun yang terjadi, tidak hanya di komunitas, tetapi juga negara ini, dan seluruh dunia,” sambung pebasket andalan Los Angeles (LA) Lakers tersebut.

LeBron James takkan tinggal diam (Foto: NBA)

“Tidak mungkin saya hanya terpaku pada olahraga. Saya paham betul dengan platform ini (media sosial) dan betapa berpengaruhnya suara saya,” tandas pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu.

Tak lupa, LeBron James mengimbau Zlatan Ibrahimovic untuk bersuara mengenai diskriminasi terselubung yang terjadi di Swedia. Apalagi, pesepakbola klub AC Milan itu juga pernah menjadi korban diskriminasi di negara asalnya gara-gara punya keturunan Balkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini