Honda Babak Belur di MotoGP 2020, Marquez: Mereka Keluar Jalur

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 38 2369344 honda-babak-belur-di-motogp-2020-marquez-mereka-keluar-jalur-JNw0Si4EKE.jpg Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: Laman Resmi MotoGP)

CERVERA – Tim balap Honda mengalami musim yang mengecewakan di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Honda yang biasanya selalu bertarung dalam memperebutkan gelar juara, pada musim lalu justru berada di posisi bawah.

Banyak pihak menilai keterpurukan Honda di musim lalu terjadi karena absennya Marc Marquez. Sebagaimana diketahui, pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut mengalami kecelakaan pada seri perdana MotoGP 2020 dan sejak saat itu harus menepi lantaran mengalami cedera.

Baca juga: Dituding Tak Tahu Terima Kasih, Marc Marquez Beri Balasan Menohok

Persoalannya, tidak ada pembalap Honda lainnya yang mampu mengemudikan motor balap mereka, RC213V, seoptimal Marquez. Terbukti, musim lalu tidak ada satu pun pembalap Honda yang bisa memenangkan balapan.

Balapan MotoGP 2020

Menanggapi hal ini, Marquez tidak mau menyalahkan pihak Honda. Karena menurutnya para teknisi sudah berjuang dengan semaksimal mungkin untuk bisa menciptakan motor balap yang hebat. Akan tetapi, Marquez menilai pada beberapa momen Honda keluar jalur.

Baca juga: Razlan Razali: Valentino Rossi Legenda MotoGP

"Saya tahu bahwa karyawan Jepang khususnya berjuang keras. Saya tidak berada di sana. Dalam beberapa balapan mereka sedikit keluar jalur. Itu belum tentu (diseababkan) karena ketidakhadiran saya," terang Marquez, dikutip dari Motorsport Total, Sabtu (27/2/2021).

Musim lalu, pembalap Honda yang meraih hasil terbaik adalah Takaaki Nakagami dari tim satelit, LCR. Itu pun Nakagami hanya menempati posisi ke-10 klasemen dengan raihan 116 poin.

Sementara itu, adik kandung Marquez, Alex Marquez, hanya bisa menempati urutan ke-14 klasemen akhir dengan perolehan 74 poin. Marquez pun cukup memaklumi hal ini karena Alex adalah rookie musim lalu dan membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi.

“Saudara saya pemula (rookie). Dia masih belajar mengemudi (motor balap MotoGP). Cal Crutchlow tidak dalam kondisi terbaiknya. Dia juga kesulitan. Nakagami menunjukkan beberapa balapan bagus, tapi tidak cukup," terang Marquez.

Alex Marquez dan Marc Marquez

“Mereka kesulitan, tapi mereka bekerja sangat keras dan mencoba banyak hal. Mereka menggunakan sepeda motor yang berbeda dari saya karena ada suku cadang baru,” lanjut The Baby Alien.

“Saya harus mengejar itu ketika saya bisa berkendara lagi. Sekarang mereka bekerja sangat keras. Anda telah menyelesaikan banyak tes dengan Stefan Bradl (pembalap penguji). Dia melakukan pekerjaan yang sangat bagus," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini