Suzuki Punya Motor Terbaik di MotoGP saat Ini?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 38 2361930 suzuki-punya-motor-terbaik-di-motogp-saat-ini-NLNf7tsrvf.jpg Pembalap Suzuki, Alex Rins (Foto: MotoGP)

HAMAMATSU – Tim balap Suzuki tampil gemilang di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Pembalap mereka, Joan Mir, pasalnya tampil sebagai kampiun. Sedangkan pembalap Suzuki lainnya, Alex Rins, menempati posisi ketiga klasemen akhir.

Mir sendiri mencatatkan tujuh podium di sepanjang musim lalu. Sementara Rins empat kali. Dengan catatan tersebut, Suzuki Ecstar pun dinobatkan sebagai tim terbaik MotoGP 2020. Bahkan, beberapa orang menganggap Suzuki memiliki motor balap terbaik.

Baca juga: Marc Marquez Semakin Siap untuk Comeback

Meski jumlah kemenangan pembalap Suzuki masih kalah dari Yamaha musim lalu, namun mereka bisa tampil lebih konsisten di berbagai sirkuit musim lalu. Hal itulah yang membuat Suzuki dianggap memiliki kualitas motor lebih baik ketimbang Yamaha.

Joan Mir

Misalnya saja Fabio Quartararo. Meski musim lalu Quartararo menjadi pembalap yang mampu meraih kemenangan terbanyak, tiga seri, namun hanya di tiga balapan itulah ia naik podium. Sedangkan Rins, meski hanya sekali menang, namun ia total bisa mengumpulkan tujuh podium.

Baca juga: Honda Pernah Coba Hancurkan Valentino Rossi

Menanggapi hal ini, Pimpinan Proyek Suzuki, Shinichi Sahara, nyatanya tak berpikir bahwa motor balap timnya adalah yang terbaik untuk sekarang. Menurutnya, Suzuki masih harus melakukan banyak peningkatan lagi.

"Saya berharap Suzuki adalah motor (terbaik). Kadang akan menarik jika beberapa pembalap lain menguji Suzuki, tapi itu tidak akan terjadi," ujar Sahara, dinukil dari Speedweek, Minggu (14/2/2021).

“Tentu saja, Joan telah berkembang pesat dari musim debutnya hingga tahun keduanya. Tanpa Joan dan Alex, kami tidak dapat mencapai hasil fantastis ini tahun lalu,” lanjut pria berpaspor Jepang tersebut.

“Tidak mudah tahun ini juga, tidak ada yang mudah. Pembalap tidak pernah puas dengan motor, itu normal dan berlaku untuk setiap pabrikan,” papar Sahara.

Tim Balap Suzuki

“Kami selalu harus berusaha meningkatkan motor, dan hal yang sama berlaku untuk pembalap. Begitulah yang terjadi di dunia balap. Jadi saya tidak bisa mengatakan bahwa motor kami adalah yang terbaik," imbuhnya.

Di Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Suzuki memiliki tujuan untuk tetap bersaing di jajaran depan dalam setiap seri balapan. Adapun Joan Mir ingin membuktikan diri bahwa keberhasilannya menjadi juara dunia MotoGP 2020 bukanlah kebetulan semata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini