Honda Pernah Coba Hancurkan Valentino Rossi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 38 2361777 honda-pernah-coba-hancurkan-valentino-rossi-N220YakprP.jpg Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

TAVULLIA Valentino Rossi tercatat sudah selama 21 tahun berkompetisi di kelas premier balap motor grand prix. Dalam kurun waktu tersebut, Valentino Rossi telah membela tiga pabrikan berbeda, yakni Honda, Yamaha, dan Ducati, serta menjadi juara dunia sebanyak tujuh kali.

Apa yang dilakukan oleh Valentino Rossi tersebut tentunya luar biasa. Akan tetapi, tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa pihak yang mengharapkan kehancuran Valentino Rossi, salah satunya datang dari pihak Honda.

Baca juga: Seperti Legenda Lainnya, Marc Marquez Langka

Valentino Rossi pertama kali berlaga di kelas premier pada musim balap 2000. Kala itu ia bergabung dengan tim Nastro Azzurro Honda dan langsung menjadi runner-up kejuaraan. Barulah di musim keduanya, The Doctor menjadi juara dunia dengan tim yang sama.

Valentino Rossi

Sukses bersama Nastro Azzurro membuat Valentino Rossi digaet Repsol Honda untuk musim 2002 dan 2003. Melanjutkan kesuksesan sebelumnya, Valentino Rossi kembali merebut titel juara dunia di dua musim tersebut.

Baca juga: Valentino Rossi Bingung Andrea Dovizioso Nganggur Musim Depan

Keberhasilan itu tentunya membuat Honda mendominasi kejuaraan. Pada saat itu, para eksekutif Honda merasa bahwa kesuksesan Valentino Rossi bisa tercipta karena mesin yang mereka ciptakan. Hal ini lantas membuat Valentino Rossi geram karena sebagai pembalap, usahanya seperti tak dihargai.

Valentino Rossi sendiri memiliki prinsip bahwa pembalap adalah sosok yang membuat perbedaan. Maka dari itu, setelah perseteruan dengan eksekutif Honda, The Doctor pun angkat kaki. Ia kemudian membela Yamaha untuk musim balap 2004.

“Jika Rossi pergi, kami akan membuat sepeda motor yang lebih baik dan menghancurkan dia,” ujar Manajer Honda, Kanazawa, ketika rumor pertama tentang hengkangnya Valentino Rossi muncul pada musim gugur 2003.

Berbeda dengan Honda, kondisi Yamaha ketika itu bisa dibilang tidak cukup baik. Sebab, Yamaha tidak pernah menjadi juara dunia lagi sejak 1992. Bahkan, di musim balap 2003, tak ada satu pun pembalap Yamaha yang mampu memenangkan seri balapan.

Valentino Rossi

Kendati demikian, Valentino Rossi datang dan langsung membawa keajaiban. Di musim balap 2004, Valentino Rossi tetap mempertahankan gelar juara dunianya, namun kali ini menggunakan motor Yamaha.

Selain itu, Gauloises Fortuna Yamaha yang dibela Valentino Rossi pun dinobatkan sebagai tim terbaik lantaran bisa meraih poin tertinggi, mengalahkan Telefonica Movistar Honda di tempat kedua. Keinginan Kanazawa untuk menghancurkan Valentino Rossi tak terwujud, karena setelahnya The Doctor semakin berjaya dengan Yamaha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini