Absen Semusim, Marc Marquez Tolak Digaji Honda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 38 2360665 absen-semusim-marc-marquez-tolak-digaji-honda-E9cNLhPoOs.jpg Marc Marquez memegang lengannya (Foto: MotoGP)

AALST – Sebuah inisiatif mulia dilakukan Marc Marquez untuk Repsol Honda. Pembalap berpaspor Spanyol itu menolak digaji karena absen sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Namun, Honda Racing Corporation (HRC), induk Repsol Honda, malah tetap membayar gajinya.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez absen pada 12 dari 14 seri Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Hal itu terjadi setelah dirinya dihantam cedera patah tulang humerus di lengan kanan atas. Cedera didapat gara-gara lengannya terhantam ban belakang motor saat terjadi di Sirkuit Jerez-Angel Nieto.

Baca juga: Marc Marquez Cedera Parah, Valentino Rossi pun Singgung Dorna

Saking parahnya cedera, Marc Marquez harus melalui tiga kali operasi bedah. Karena itu, The Baby Alien kemudian absen pada 12 seri tersisa Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Sadar kontribusinya untuk tim nol besar, sebuah tawaran diajukan Marc Marquez.

Marc Marquez terpelanting dari motornya (Foto: Twitter/@MotoGP)

Melansir dari AS, Kamis (11/2021), juara dunia MotoGP enam kali itu menolak digaji oleh HRC. Selain tak berkontribusi, pandemi Covid-19 juga memukul otot finansial semua tim, termasuk Honda.

Baca juga: Siap Tampil, Marc Marquez Muncul di Sesi Foto Tim Repsol Honda

Akan tetapi, inisiatif mulia itu malah ditolak HRC. Pabrikan asal Jepang tersebut tetap memenuhi kewajiban menggaji Marc Marquez sepanjang 2020. Sekadar informasi, jumlahnya bisa mencapai 15 juta Euro (setara Rp254 miliar) per tahun.

Sebelum cedera, Marc Marquez sudah lebih dulu memperpanjang kontrak dengan HRC. Pembalap berusia 27 tahun itu akan tetap berada di HRC hingga Kejuaraan Dunia MotoGP 2024. Perpanjangan kontrak tentu saja diiringi dengan kenaikan gaji.

Kontrak baru itu efektif berlaku per Januari 2021. Karena hal tersebut, Marc Marquez semakin giat untuk memulihkan diri. Pembalap kelahiran Cervera tersebut sudah sangat gatal untuk kembali mengaspal.

Tanda-tanda dirinya semakin baik terlihat dari teaser yang diunggah oleh HRC terkait peluncuran tim untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Dalam salah satu foto, Marc Marquez terlihat sudah mengenakan jaket balapnya dengan benar.

Marc Marquez sudah bisa pakai baju balap

Tentu saja, belum ada kepastian soal kapan Marc Marquez kembali membalap. HRC sendiri memberi kelonggaran kepada sang pembalap untuk tetap memulihkan diri hingga kondisinya 100%, sebelum kembali naik motor RC213V.

Kuat dugaan Marc Marquez masih akan absen pada tes pramusim hingga beberapa seri awal MotoGP 2021. Pun begitu, dengan adanya pandemi Covid-19 dan aturan pembatasan perjalanan, seri perdana MotoGP 2021 bisa saja diundur seperti musim lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini