Marc Marquez Cedera Parah, Valentino Rossi pun Singgung Dorna

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 06:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 38 2360201 marc-marquez-cedera-parah-valentino-rossi-pun-singgung-dorna-tZJ5IGDqDA.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

TAVULLIA – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, turut mengomentari cedera parah rivalnya, Marc Marquez (Repsol Honda). Menurut Valentino Rossi, ada kelalaian Dorna Sports, penyelenggara MotoGP, dalam kasus The Baby Alien -julukan Mar Marquez.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez mengalami kecelakaan parah pada balapan perdana musim lalu, MotoGP Spanyol 2020, yang mengakibatkan lengan kanannya patah. Operasi pun dijalani untuk menyembuhkan Marc Marquez.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Setelah itu, Marc Marquez membuat kejutan dengan keputusannya untuk tampil pada balapan kedua, MotoGP Jerez 2020. Keputusan itu diambil setelah mendapatkan izin dari dokter MotoGP dan Dorna.

Akan tetapi, Marc Marquez batal tampil karena tidak mampu mengendarai motor untuk balapan. Nasib buruk Marc Marquez dimulai dari kenekatannya tersebut.

BACA JUGA: Nakagami: Marc Marquez Masih Pembalap Terbaik di MotoGP!

Marc Marquez mengalami kecelakaan kecil ketika membuka jendela di rumahnya sehingga dia harus menjalani operasi kedua. Operasi itu membuat Marc Marquez harus melewatkan sisa balapan pada musim lalu.

BACA JUGA: Berstatus Juara Bertahan, Joan Mir: Marc Marquez yang Jadi Favorit!

Marc Marquez bahkan harus menjalani operasi ketiga pada awal Desember 2020. Operasi teranyar membuat proses pemulihan Marc Marquez berjalan lebih lama. Dia diperkirakan tidak bisa tampil dalam beberapa balapan pada awal musim 2021.

Valentino Rossi prihatin dengan nasib Marc Marquez. Dia menilai Marc Marquez mungkin kembali lebih cepat jika Dorna melarang Marc Marquez tampil di MotoGP Jerez 2020.

"Saya pikir kesalahannya adalah kembali balapan terlalu cepat setelah operasi,” kata Valentino Rossi, dikutip dari Motorsport-Total, Kamis (11/2/2021).

Marc Marquez (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

Valentino Rossi menyatakan Dorna telah melanggar aturan dengan membiarkan Marc Marquez kembali lebih cepat. Sekadar informasi, ada aturan yang mengatur tentang risiko ekstrem, seperti pembalap kembali terlalu cepat setelah cedera. Aturan itu dibuat berdasarkan aksi nekat Jorge Lorenzo yang tampil di MotoGP Belanda 2013 meski baru saja menjalani operasi beberapa hari sebelumnya.

“Setelah comeback cepat dari Jorge Lorenzo di Assen (Belanda) musim 2013 lalu, Dorna mengenalkan aturan yang dibuat untuk mencegah risiko ekstrim. Kembalinya Marc Marquez (pada seri kedua) telah melanggar semua peraturan yang telah mereka buat sebelumnya," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini