Nony K. Andilla: Berlatih Serius Supaya Tampil Prima dan Percaya Diri di Hadapan Lawan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 43 2358831 nony-k-andilla-berlatih-serius-supaya-tampil-prima-dan-percaya-diri-di-hadapan-lawan-oRdXHoXQJA.jpg Nony Krystianti Andilla. (Foto/MNC Media)

JAKARTA - Nony Krystianti Andilah, demikian nama lengkap atlet biliar putri berusia 25 tahun asal Jawa Barat yang meraih kemenangan di pertandingan pertama Turnamen 9 Ball Hot Nine yang digelar PB POBSI bersama iNews pada Sabtu 6 Februari 2021 lalu.

Nony menundukkan rekan sedaerahnya, Poppy Puspita dengan skor telak 3-0. Nony mengatakan bersyukur bisa bermain dengan baik dan meraih kemenangan ini.

“Saya berusaha melakukan yang terbaik. Untuk menghadapi event Hot Nine ini saya benar-benar menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Foto/MNC Media

Berlatih dan selalu tampil percaya diri. Menurut Nony, dua hal itu adalah modal yang sangat penting untuk menghadapi setiap pertandingan.

Baca juga: Silviana Lu dari Papua Taklukkan Rini Nasution dari Sumatra Utara dengan Skor 3-1 di Pertandingan Kedua Hot Nine iNews

Baca juga: Silviana Lu, Atlet Biliar Cantik Membangun Mimpi Juara Dunia dari Tanah Papua

Nony mengenal biliar secara tidak sengaja sejak usia 10 tahun. Ketika itu ibunya memiliki kantin makanan di sebuah rumah biliar di Cirebon. Setiap hari ia diajak ibunya ke tempat itu sehingga setiap hari pula ia menyaksikan orang-orang asik bermain biliar. Tak lama dari itu gadis kelahiran Cirebon, 23 November 1995 ini pun mulai menjajal permainan yang memikat hatinya.

Sekitar 10 tahun setelah mengenal dan serius berlatih serta malang melintang di berbagai turnamen, ia pun mulai mendulang hasil. Pada 2016 ia mulai meraih gelar juara di berbagai event bergengsi.

Pada 2016, ia meraih medali perunggu PON Jawa Barat, 2017 medali emas 9 Ball Single Kejurnas, Juara Pepi Cup 2018 : Quarter Final All Japan Championship, Runner up Open Handicap Green Garden, 2019 semifinalis Lion Cup Singapore, Medali perak Sea Games 9 Ball Double dan 2020 : juara 1 Double 9 Ball Papua Open.

Ia mengatakan ini baru sebagian dari perjalanan awal menuju cita-citanya untuk menjadi juara dunia. Tak heran Nony selalu antusias dan bersemangat menghadapi turnamen, termasuk Hot Nine yang digelar PB POBSI bersama iNews.

Nony bersyukur dan berterima kasih karena POBSI dan iNews menggelar Turnamen Biliar 9 Ball Hot Nine ini. “Dengan adanya event Hot Nine ini menjadi wadah untuk kami para atlet biliar wanita mengasah, mempertajam dan menambah jam terbang kami agar kami mampu bersaing di tingkat internasional.” Ujar Nony.

Saat ini Nony sedang memngikuti pemusatan latihan di Yogyakarta. Hari-harinya padat dengan jadwal berlatih. Menurutnya, hanya dengan latihan seorang atlet bisa menjadi lebih siap menghadapi permainan. “Hanya atlet yang siap akan percaya diri menghadapi lawan.” Demikian Nony menutup perbincangan seusai meraih kemenangan di pertandingan pertama Hot Nine iNews.

Saksikan turnamen biliar Hot Nine setiap Sabtu dan Minggu dipandu oleh Rendra Soedjono dan Nova Elisa pukul 20.00 WIB di stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Program ini juga dapat diikuti melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini