Valentino Rossi Akui Yamaha Selamatkan Kariernya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 38 2357418 valentino-rossi-akui-yamaha-selamatkan-kariernya-pOrzB1mUlP.jpg Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

TAVULLIA – Pada 16 Februari 2021, pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi akan resmi berusia 42 tahun. Kondisi tersebut semakin menegaskan status The Doctor sebagai pembalap tertua di MotoGP. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Valentino Rossi sebenarnya hampir pensiun di akhir musim 2012.

Sebagaimana diketahui, Valentino Rossi mengawali kariernya di kelas premier balap motor grand prix dengan membela Honda pada musim 2000 dan meraih tiga gelar juara. Akan tetapi, pada 2004 ia hengkang ke Yamaha.

Baca juga: Valentino Rossi Sulit Bangkit jika Cuma Andalkan Bakat

Meski berganti tim, namun Valentino Rossi tetap menampilkan performa yang luar biasa. Tercatat, sebanyak empat gelar juara dunia berhasil dimenangkan oleh pembalap berkebangsaan Italia itu selama membela Yamaha pada medio 2004-2010.

Valentino Rossi

Di musim balap MotoGP 2011, Valentino Rossi bergabung dengan Ducati. Sayangnya, petualangan The Doctor bersama tim yang bermarkas di Borgo Panigale itu tak berjalan mulus. Selama dua musim membela Ducati, Valentino Rossi selalu gagal untuk bersaing memperebutkan gelar juara.

Baca juga: Mantan Pembalap MotoGP Ini Ramal Masa Depan Valentino Rossi

Tidak hanya itu, Valentino Rossi bahkan tak pernah sekalipun memenangkan seri balapan bersama Ducati. Diakui oleh Valentino Rossi bahwa hal itu membuatnya frustrasi. The Doctor kemudian berpikiran untuk pensiun di akhir musim 2012 karena merasa dirinya sudah tidak kompetitif lagi.

Kendati demikian, Yamaha datang untuk menerima Valentino Rossi kembali. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Yamaha tersebut telah menyelamatkan kariernya. Karena setelah kembali ke Yamaha, Valentino Rossi dapat bersaing lagi di jajaran depan.

“Yamaha memberi saya kesempatan untuk kembali ke tim pabrikan setelah dua tahun yang mengecewakan bersama Ducati, di mana saya sudah cukup tua. Untuk ini saya akan selalu bersyukur,” beber Valentino Rossi, dikutip dari Tutto Motori Web, Sabtu (6/2/2021).

“Itu adalah momen yang sangat sulit dalam karier saya. Saya sangat putus asa dan jika saya tidak memiliki kesempatan ini, saya mungkin akan berhenti,” lanjutnya.

Perpisahan Valentino Rossi

Karena hal tersebut, Valentino Rossi pun masih bertarung di MotoGP hingga hari ini. Kendati begitu, gelaran MotoGP 2020 merupakan musim terakhir Valentino Rossi membela tim pabrikan Yamaha.

Mulai MotoGP 2021, Valentino Rossi akan bertarung di tim satelit Yamaha karena tempatnya di tim pabrikan sudah diambil alih oleh Fabio Quartararo. Namun, The Doctor tetap berterima kasih kepada Yamaha karena sudah menyelamatkan kariernya di masa lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini