Jadi Mualaf, Mike Tyson Enggan Ganti Namanya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 43 2356812 jadi-mualaf-mike-tyson-enggan-ganti-namanya-HIdHpsJ7RL.JPG Mike Tyson berbicara di atas ring (Foto: Reuters/Joe Scarnici)

LAS VEGAS – Kehebatan Mike Tyson di atas ring tinju masih diakui hingga sekarang. Saking hebatnya di masa jaya dahulu, petinju berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu dijuluki The Iron Mike alias si Leher Beton.

Kisah hidup Mike Tyson sudah diketahui publik sejak dekade 1990. Ia beberapa kali masuk penjara gara-gara sifat yang bengal itu. Siapa sangka, justru hukuman penjara yang kemudian mengubah hidup seorang Mike Tyson.

Baca juga: Begini Pandangan Mike Tyson terhadap Islam

Selama mendekam di penjara, Mike Tyson bertemu dengan seorang bernama Muhammad Siddeeq. Ia adalah ulama dari Nations of Islam, organisasi Muslim berkulit hitam di Amerika Serikat. Kelak dari bimbingan Siddeeq, Tyson akhirnya memeluk agama Islam.

Mike Tyson menjalankan ibadah Umroh

Menurut media-media Negeri Paman Sam, Mike Tyson menjadi seorang mualaf ketika mendekam di penjara pada 1992-1995. Ia dijatuhi hukuman penjara akibat kasus pemerkosaan.

Baca juga: Cerita Mike Tyson soal Doa-doanya yang Dikabulkan Allah

Sebagaimana seorang mualaf, Mike Tyson pun memiliki nama Islam. Ada dua versi soal nama Mike Tyson, yakni Malik Abdul Aziz dan Malik Shabazz. Tidak diketahui dengan pasti mana yang benar.

Apalagi, Mike Tyson memilih tidak mengganti namanya setelah memeluk agama Islam. Muhammad Siddeeq mengatakan, sang petinju ingin bangkit dengan nama yang diberikan oleh kedua orang tuanya setelah bebas dari penjara.

“Itu adalah keputusan Mike Tyson. Dia tenar sebagai Mike Tyson dan jatuh sebagai Mike Tyson,” ucap Muhammad Siddeeq, dikutip dari Deseret News, Jumat (5/2/2021).

“Dia ingin kembali bangkit menggunakan nama Mike Tyson. Akan tetapi, dia keluar penjara sebagai orang yang lebih kuat, lebih baik, dan bijak,” imbuh pria berkebangsaan AS itu.

Muhammad Ali memiliki nama asli Cassius Clay

Mike Tyson tidak mengikuti jejak senior sekaligus idolanya, Muhammad Ali. Sang petinju legendaris itu diketahui lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Junior. Namun, ia mengubah namanya menjadi Muhammad Ali setelah memeluk agama Islam pada 1961.

Walau begitu, Mike Tyson mengikuti jejak Muhammad Ali dalam hal ketaatan menjalakan perintah agama serta kewajiban sebagai seorang Muslim. Ia pernah terekam sedang menunaikan ibadah shalat bersama kawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini