Bukan Lagi Pembalap Pabrikan, Valentino Rossi Tetap Kritik Yamaha

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 38 2355471 bukan-lagi-pembalap-pabrikan-valentino-rossi-tetap-kritik-yamaha-MmDZk6JnD2.jpg Pembalap Yamaha, Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

TAVULIA โ€“ Valentino Rossi kini sudah bukan lagi pembalap pabrikan Yamaha. Ia bergabung dengan tim satelit, Petronas Yamaha SRT, setelah posisinya diambil oleh pembalap muda Prancis, Fabio Quartararo.

Kendati demikian, hal tersebut tak menghentikan Valentino Rossi untuk memberikan masukan dan kritiknya terhadap Yamaha. Pasalnya, pembalap berjuluk The Doctor itu ingin agar Yamaha mengembangkan motor menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Razali Beber Alasan Petronas Yamaha SRT Hanya Berikan Rossi Kontrak Setahun

Valentino Rossi sejatinya tidak memungkiri bahwa ia memiliki rasa kecewa terhadap Yamaha di pentas MotoGP 2020. Pasalnya, Valentino Rossi menilai Yamaha berjalan ke arah yang salah dalam proses pengembangan motor.

Valentino Rossi

Yamaha sejatinya adalah salah satu pabrikan yang memiliki sejarah panjang di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Akan tetapi, Rossi menilai pabrikan yang dibelanya ini sedikit keteteran dalam mengembangkan motor sesuai perkembangan zaman.

Baca juga: Alex Rins Nantikan Duel Lawan Marc Marquez di Lintasan Balap

โ€œDalam beberapa tahun terakhir metode kerja di MotoGP telah banyak berubah. Hingga 2015-2016 semuanya datang dari Jepang. Sekarang setiap pabrikan memiliki tim insinyur kedua yang mengerjakan pengembangan,โ€ jelas Rossi, dikutip dari Tutto Motori Web, Rabu (3/2/2021).

โ€œYamaha harus beradaptasi dengan sistem baru ini. Kami harus mampu mengerahkan semua kekuatan kami untuk meningkatkan,โ€ lanjut juara dunia sembilan kali itu.

Kendati demikian, yang membuat Valentino Rossi terkejut, Yamaha justru berjalan ke arah yang salah. Hal ini dapat dilihat dari kualitas motor balap mereka, yang mana mesin lama yang digunakan oleh Franco Morbidelli justru dapat bekerja lebih baik ketimbang keluaran terbaru Yamaha.

Dalam gelaran MotoGP 2020, Morbidelli tampil sebagai pembalap Yamaha yang meraih hasil paling bagus, menempati posisi ketiga klasemen akhir. Sementara itu, pembalap Yamaha lainnya, yakni Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang menggunakan mesin baru, justru kerap keteteran.

Valentino Rossi

"Masalahnya adalah musim lalu juga merupakan musim yang sulit bagi Yamaha dan untuk alasan ini kami harus memperbaiki motor di beberapa area: mesin dan grip di belakang, misalnya," terang Valentino Rossi.

"Sebaliknya, sejak pertama kali saya menggunakan M1 terbaru, saya merasa tidak banyak yang berubah. Bukannya 2019 lebih baik, mereka sangat mirip, kami tidak dapat mengambil langkah maju yang kami inginkan,โ€ tandas The Doctor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini