Dua Petenis Rusia Dihukum Seumur Hidup Akibat Match Fixing

Raikhul Amar, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 40 2352594 dua-petenis-rusia-dihukum-seumur-hidup-akibat-match-fixing-jVVCaVdaGR.jpg Ilustrasi tenis

MOSKOW - Dua petenis asal Rusia, yakni Alija Merdeeva dan Sofia Dmitrieva, harus menerima hukuman berat karena terlibat pengaturan skor atau match fixing. Keduanya dilarang berkompetisi seumur hidup pada ajang tenis profesional.

Tindakan yang melanggar sportivitas itu terjadi ketika Alija Merdeeva dan Sofia Dmitrieva bermain secara terpisah dan bersama pada nomor ganda. Merdeeva, yang memiliki peringkat tertinggi di nomor 928 dunia, dinyatakan bersalah atas dua dakwaan pengaturan pertandingan.

BACA JUGA: Australia Open 2021 Jalankan Protokol Ketat, Ini Kata Rafael Nadal dan Serena Williams

Sementara Dmitrieva, yang berperingkat 1.191 dunia, dinyatakan bersalah atas enam dakwaan. Dia juga tidak mau bekerja sama dalam penyelidikan masalah tersebut.

Ilustrasi tenis

Badan Integritas Tenis Internasional (TIU) yang mendistribusikan menjatuhkan hukuman tidak menjelaskan kapan atau di mana insiden pengaturan pertandingan terjadi.

Menurut Kantor Berita Rusia TASS, Presiden Federasi Tenis Rusia, Shamil Tarpishchev, mengungkapkan Merdeeva dan Dmitrieva mendapat sanksi larangan bermain hanya karena tidak bekerja sama, bukan melakukan pelanggaran karena pengaturan skor.

“Organisasi tenis internasional berjuang sangat keras melawan pertandingan yang sudah diatur dan mereka menerima hukuman seperti itu karena mereka menolak untuk bekerja sama dengan orang-orang yang menyelidiki pertandingan semacam itu,” kata Tarpishchev.

“Masalah dalam tenis ini bersifat global dan tidak hanya ada di tenis kami. Orang Italia, Argentina, dan banyak lainnya yang didiskualifikasi, kami bukan yang pertama dan bukan yang terakhir,” lanjutnya.

Pada Desember lalu, petenis Ukraina Stanislav Poplavskyy juga dilarangan bermain seumur hidup dan denda USD10.000 karena pengaturan pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini