9 Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 40 2351165 9-teknik-dasar-bulu-tangkis-dan-penjelasannya-YdGFnUfsUm.jpg Anthony Sinisuka Ginting (Foto: PBSI)

SEMBILAN teknik dasar bulu tangkis. Jika Anda ingin lihai dalam olahraga yang cukup digandrungi masyarakat Indonesia itu, Anda perlu tahu teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu. Setelah tahu teknik dasar bulu tangkis, Anda harus berlatih dengan giat dan serius agar kemampuan Anda berkembang.

Tanpa latihan keras, kemampuan Anda tidak akan meningkat ke level selanjutnya. Para pebulu tangkis andalan Indonesia sekarang pun berlatih dengan keras agar bisa berprestasi di ajang internasional.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Foto: Badminton Photo)

Jika ingin mencapai level para pebulu tangkis nasional, Anda perlu bekerja keras dan berjuang. Akan tetapi, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengetahui teknik dasar bulu tangkis. Berikut 9 teknik dasar bulu tangkis:

9. Cara Memegang Raket

Teknik mendasar dalam bulu tangkis adalah cara memegang raket. Sebelum beralih ke teknik selanjutnya, Anda harus bisa memegang raket dengan benar terlebih dahulu. Ada dua teknik untuk memegang raket, yaitu forehand dan backhand.

Cara memegang forehand, tangan Anda memegang raket seperti menjabat tangan orang lain. Posisi ibu jari dan telunjuk Anda berdekatan sehingga membentuk huruf v. Sementara itu, cara memegang backhand sama seperti forehand, tetapi perbedaannya adalah posisi ibu jari menjauhi telunjuk.

8. Pukulan

Jenis pukul yang sering digunakan dalam bulu tangkis adalah forehand. Pukulan forehand menggunakan genggaman forehand untuk memukul shuttlecock agar jatuh ke daerah permainan lawan. Saat memukul, posisi tubuh Anda harus seirama sehingga menghasilkan pukulan yang bagus.

7. Gerakan Kaki

Pebulu tangkis harus memiliki gerakan kaki yang lincah untuk mengejar shuttlecock yang dipukul lawan ke daerah permainannya. Selain itu, gerakan kaki juga penting untuk melepaskan pukulan berkualitas yang mematikan pergerakan lawan. Jadi, kelincahan gerakan kaki penting untuk bertahan dan menyerang.

6. Sikap dan Posisi Badan

Ketika memukul shuttlecock, sikap dan posisi badan berperan penting untuk menghasilkan pukulan yang bagus. Sebab, pukulan bagus membutuhkan keseimbangan yang baik. Keseimbangan bisa didapatkan dengan bertumpu pada kedua kaki yang terbuka selebar bahu dan kedua lutut sedikit tertekuk. Sementara itu, tangan dalam posisi siap untuk memukul shuttlecock.

5. Servis

Servis adalah teknik untuk memukul shuttlecock ke depan, belakang, kanan, kiri saat memulai pertandingan dan setelah poin bertambah. Servis terbagi dua, yaitu forehand dan bachkand. Servis forehand pun ada dua, yaitu forehand pendek dan tinggi. Perbedaan kedua servis itu adalah tenaga yang digunakan saat mengayunkan raket. Forehand pendek menggunakan sedikit tenaga, sedangkan forehand tinggi sebaliknya. Meski begitu, gerakan kedua servis forehand itu sama, yaitu raket digerakkan dari bawah ke atas. Lalu, servis backhand menggunakan teknik gengaman backhand dengan tenaga sedang untuk mengayunkan raket.

Sementara itu, cara umum untuk mengembalikan servis lawan adalah dengan melakukan dropshot dan netting. Smash kurang cocok untuk mengembalikan servis karena posisi shuttlecock kurang menguntungkan untuk melakukan pukulan keras.

4. Overhead

Overhead adalah teknik memukul untuk mengembalikan pukulan lawan yang menempatkan shuttlecock ke belakang tubuh Anda. Shuttlecock dipukul balik dengan teknik genggaman forehand yang tampak seperti melempar.

3. Smash

Smash adalah teknik memukul yang digunakan untuk mengembalikan shuttlecock dengan keras. Ketika melakukan smash, tubuh melompat dan memukul shuttlecock sekuat tenaga dengan teknik gengaman forehand.

2. Dropshot

Cara melakukan dropshot hampir sama dengan smash yang bertujuan menyerang. Perbedaannya adalah dropshot tidak menggunakan tenaga sebesar smash. Karena tenaga yang digunakan tidak terlalu besar, shuttlecock biasanya jatuh tidak jauh dari net.

1. Netting

Netting merupakan teknik untuk menempatkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net. Oleh sebab itu, tenaga yang digunakan dalam netting tidaklah besar. Netting bisa dilakukan dengan genggaman forehand dan backhand.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini