Share

MGPA Sebut Penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021 Bergantung pada Dorna Sports

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 38 2334212 mgpa-sebut-penyelenggaraan-motogp-indonesia-2021-bergantung-pada-dorna-sports-zM5n5fFVPx.jpg CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. (Foto: MotoGP)

JAKARTA – Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, menyatakan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021 bergantung kepada Dorna Sports yang bertindak sebagai promotor. Karena itu, pihak MGPA sendiri enggan berandai-andai soal waktu penyelenggaraan MotoGP 2021 dan memilih fokus menyelesaikan pengerjaan sirkuit.

Ya, Indonesia memang diketahui masuk daftar cadangan tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2021. Indonesia bergabung bersama Rusia dan Portugal di daftar tersebut.

Sirkuit Mandalika

Terkait status ini, pihak MGPA sendiri enggan memusingkannya. Happy menyatakan bahwa pihak MGPA lebih memilih fokus merampungkan pengerjaan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, yang akan diplot menjadi arena perlombaan MotoGP saat Indonesia menjadi tuan rumah.

BACA JUGA: Status Cadangan di MotoGP 2021 Tak Buat Pengelola Sirkuit Mandalika Ambil Pusing

“Yang jelas, kalau ditanya sekarang, jawaban kita adalah sekarang bekerja untuk konstruksinya dulu menuju homologasi. Itu saja dulu. Saya tidak mau berandai-andai dengan kapan-kapannya. Itu tergantung dari Dorna semuanya,” ucap Happy saat dihubungi Okezone.

“Tetapi yang jelas, kami akan menyiapkan sebaik-baiknya apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita yaitu menyiapkan konstruksi untuk homologasi sebaik mungkin. Itu saja,” sambungnya.

“Seluruh sirkuit di dunia, tiap tahun juga dihomologasi. Jadi wajar homologasi itu dilakukan, apalagi Indonesia ini sirkuit baru kan, baru pertama kali di Mandalika,” tutur Happy.

Meski status Indonesia masih cadangan di MotoGP, kondisi yang berbeda terlihat di pentas Superbike. Indonesia dipastikan menjadi salah satu tuan rumah dari perhelatan World Superbike Championship (WorldSBK) pada 2021.

Carmelo Ezpeleta

Tepatnya, Indonesia akan menggelar balapan WorldSBK pada 14 November 2021. Balapan itu menjadi seri ke-11 dalam kalender balap WorldSBK 2021.

Tentu saja, pemandangan yang baik ini diharapkan juga bisa terlihat di pentas MotoGP. Pihak Dorna Sports lewat sang CEO, Carmelo Ezpeleta, sendiri tak menampik kans melakukan perubahan dalam kalender  resmi MotoGP 2021 jika memang Indonesia sudah dinilai siap menggelar balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini