Menang Mutlak, Saul Canelo Alvarez Bungkam Callum Smith

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 43 2331004 menang-mutlak-saul-canelo-alvarez-bungkam-callum-smith-IBwEB9yM2X.jpg Saul Canelo Alvarez (Foto: Reuters)

TEXASPetinju asal Meksiko, Saul Canelo Alvarez, berhasil membungkam Callum Smith pada perebutan gelar juara dunia kelas menengah WBA Super di Texas, Amerika Serikat, Minggu (20/12/2020) siang WIB. Kemenangan tersebut juga memastikan Canelo meraih titel The Ring dan WBC Super.

Pertarungan berlangsung selama 12 ronde dan kemenangan Canelo ditentukan oleh para juri. Berdasarkan penailaian, tiga juri memberikan keunggulan telak kepada Canelo yaitu 119-109, 119-109, dan 117-111.

Saul Canelo Alvarez

Canelo sendiri memang berhasil menguasai jalannya pertarungan sejak ronde pertama. Pada laga awal tersebut, Canelo beberapa kali berhasil mengeluarkan pukulan yang sukses menghantam bagian tubuh Smith.

Bahkan pada ronde ketiga, performa Canelo semakin agresif. Beberapa kombinasi pukulan hook milik Canelo berhasil memberi tekanan besar kepada Smith. Performa Canelo pun semakin mengganas ketika ia mulai mudah menemukan celah Smith.

Baca juga Bagaimana Mike Tyson Habiskan Rp16 Miliar Dalam 1,5 Jam?

Permainan Canelo yang mendominasi berlanjut hingga ronde ke lima. Akan tetapi, Smith juga sepertinya tidak tinggal diam. Ia mulai bangkit dengan beberapa kali melepaskan serangan kombinasi kea rah tubuh Canelo.

Tetapi, Canelo tidak ingin lengah. Petinju berusia 30 tahun itu tidak ingin membiarkan Smith menekannya begitu saja. Canelo tetap melancarkan pukulan serangan hingga ronde ketujuh. Smith pun mulai kelelahan.

Pada ronde kedelapan, Smith kembali mencoba peruntungan untuk bangkit. Petinju berpaspor Inggris itu beberapa kali juga berhasil melakukan ancaman dengan melancarkan sebuah hook. Akan tetapi, Canelo berhasil menghindarinya.

Ronde kesembilan menjadi momen emas bagi Canelo untuk menumbangkan Smith. Sebab, ia memiliki tiga kesempatan untuk menundukkan Smith lebih cepat. Salah satunya lewat uppercut. Namun begitu, Smith masih bertahan.

Saul Canelo Alvarez vs Callum Smith

Keadaan tidak jauh berbeda pada ronde ke-10 hingga 12. Alhasil, ketika pertarungan benar-benar berakhir, juri tidak kesulitan untuk memberikan penilaian. Canelo akhirnya ditetapkan sebagai pemenang atas Smith dengan skor telak.

Berkat kemenangan ini, Canelo menambah rekor pertarungan menjadi 54 kemenangan, 2 imbang, dan 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan yang diderita Canelo adalah takluk dari Floyd Mayweather Jr pada pertarungan light middleweight pada 14 September 2013.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini