Pengertian dan Cara Bermain Bola Voli Mini

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 43 2329683 pengertian-dan-cara-bermain-bola-voli-mini-Wz0Dp6Omnq.jpg Bola Voli (Foto: Ilustrasi)

PERMAINAN olahraga bola voli cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak jarang juga digemari oleh anak-anak yang tertarik dengan olahraga ini.

Karena anak-anak cukup menggemarai olahraga ini, maka bola voli dimainkan dengan ukuran lapangan, bola dan yang lebih kecil. Lalu apa pengertian dan bagaimana cara bermain dari bola voli mini ini?

Ilustrasi Bola Voli

Secara arti, bola voli mini adalah cabang olahraga yang ikut masuk dalam bahan ajaran di pendidikan jasmani. Olahraga jenis ini akan dimainkan untuk kalangan sekolah dasar.

Jika bola voli standar dimainkan enam pemain, maka untuk versi mini, olahraga ini dimainkan oleh empat orang. Sementara untuk pemain cadangan akan diisi oleh dua orang.

Baca juga Teknik Servis Atas dan Bawah dalam Permainan Bola Voli

Selain itu, olahraga bola voli mini hanya akan dimainkan dalam dua set dengan maksimal tiga set. Itu berarti, tim pemenang adalah mereka yang berhasil mengumupulkan kemenangan dua set dalam satu pertandingan.

Cara bermain bola voli mini tetap sesuai dengan aturan standar. Permainan dimulai dengan service diarahkan ke pemian lawan. Kemudian bola yang sudah dipukul harus bisa melewati net yang telah disediakan.

Jika, bola datang ke daerah lapangan sendiri, bola tidak boleh jatuh ke tanah. Bola harus dipantulkan untuk kemudian dilemparkan ke daerah lawan. Bola yang dipantulkan harus menggunakan tangan, lengan, atau anggota badan lainnya.

Sementara itu, aturan yang ditetapkan pun tidak jauh berbeda. Hanya saja, ada aturan khusus tentang bola voli mini. Permainan ini hanya diperuntukkan untuk pemain berusia 9-13 tahun saja.

Ilustrasi Bola Voli

Ada pun untuk ukuran lapangan bola voli standar dengan yang mini ada perbedaan. Tentu saja, sesuai namanya, ukuran lapangannya akan jauh lebih kecil.

Panjang lapangan adalah 12 meter, lebarnya 6 meter. Ada pun untuk tinggi net, untuk pria setinggi 2,10 meter dan putri 1 meter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini