Teknik Servis Atas dan Bawah dalam Permainan Bola Voli

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 43 2324013 teknik-servis-atas-dan-bawah-dalam-permainan-bola-voli-CUzYkxV38s.jpg Ilustrasi Bola Voli (Foto: Ist)

PERMAINAN bola voli menjadi salah satu olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah terbentuk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertanggung jawab memantau perkembangan olahraga ini di dalam negeri.

Dalam sejarahnya, permainan bola voli ditemukan oleh William G. Morgan di sekitar akhir abad 19. Ketika hendak menciptakan permainan bola voli, Morgan sendiri memang terinspirasi dengan olahraga basket yang sudah lebih dahulu lahir.

Akhirnya Morgan pun menciptakan sebuah permainan bernama mintonette –yang kini lebih dikenal sebagai permainan voli. Morgan mengakui bahwa mintonette merupakan olahraga yang gabungan dari unsur basket, bulu tangkis, dan baseball.

Ilustrasi permainan bola voli

Di Indonesia sendiri, bola voli pertama kali diperkenalkan pada masa penjajahan. Para orang-orang Belanda memperkenalkan olahraga ini dengan suka memainkannya bersama para Bangsawan di Indonesia.

Meski menjadi salah satu olahraga yang digemari, namun cukup banyak yang belum mengetahui aturan mendasar dalam permainan bola voli. Salah satu yang masih kerap menjadi pertanyaan masyarakat Indonesia adalah seperti apa teknik servis atas dan bawah dalam permainan bola voli.

Baca Juga: Sejarah Permainan Bola Voli dan Aturan dalam Pertandingan

Dalam permainan bola voli memang memiliki dua servis, atas dan bawah. Teknik servis atas sendiri pemain bola voli diharuskan mengambil sikap awal yakni dengan meletakkan kaki kiri lebih depan dibandingkan dengan kaki kanan.

Pemain bola voli harus memegang bola dengan menggunakan salah satu tangan. Lalu langkah berikutnya adalah melambungkan bola ke atas dan tangan satunya memukul bola bagian belakang dengan menggunakan bagian telapak tangan dengan kuat hingga melewati net hingga ke daerah lawan.

Sementara untuk teknik servis bawah bisa dikatakan cukup mudah, mengingat servis ini kerap dilakukan pemain yang baru memainkan bola voli. Teknik servis bawah harus dilakukan pemain voli dengan cara berdiri di area yang memang digunakan untuk servis.

Lalu pemain voli diharuskan mengambil sikap awal yakni dengan memajukan kaki kiri, lebih maju dibandingkan dengan kaki kanan. Kemudian, dipegang pada tangan kiri yang diarahkan ke dapan dan tangan kanan mengepal dan kemudian diayunkan dari arah belakang.

Timnas Bola Voli Putra

Bola voli yang ada di tangan kiri dilambungkan ke atas dan kemudian tangan kanan diayunkan ke depan hingga memukul tepat pada bagian bawah bola. Bola dipukul keras hingga melewati net ke daerah lawan, namun tidak sampai keluar garis karena akan dianggap gagal.

Berikut adalah cara teknik servis atas dan bawah dalam permainan bola voli. Ada baiknya dalam mempratekan hal tersebut sambil menyaksikan video tutorial agar lebih mempermudah melakukan teknik dua servis dalam permainan bola voli tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini