Sejarah Permainan Bola Voli dan Aturan dalam Pertandingan

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 43 2323247 sejarah-permainan-bola-voli-dan-aturan-dalam-pertandingan-NVcGJoKVfy.jpg Ilustrasi Bola Voli

PERMAINAN bola voli menjadi salah satu olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah terbentuk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertanggung jawab memantau perkembangan olahraga ini di dalam negeri.

Dalam sejarahnya, permainan bola volio sendiri pertama kali diperkenalkan oleh William G. Morgan di sekitar akhir abad 19. Ketika hendak menciptakan permainan bola voli, Morgan sendiri memang terinspirasi dengan olahraga basket yang sudah lebih dahulu lahir.

Akan tetapi tujuan utama Morgan adalah memberikan olahraga kepada para orang tua yang tidak begitu menuntut fisik. Pasalnya olahraga basket yang digemarinya memang sangat menuntut fisik, dan takkan cocok dimainkan oleh para orang berusia lanjut.

Tim Jakarta Elektrik PLN

Akhirnya Morgan pun menciptakan sebuah permainan bernama mintonette –yang kini lebih dikenal sebagai permainan voli. Morgan mengakui bahwa mintonette merupakan olahraga yang gabungan dari unsur basket, bulu tangkis, dan baseball.

Tidak disangka bahwa mintonette mendapatkan respons dari khalayak luas. Tidak hanya dari orang tua, para anak-anak remaja juga cukup menggemari permainan yang ditemukan oleh Morgan tesebut.

Baca Juga: Pakaian Ini Bikin Pegolf Seksi Paige Spiranac Tak Nyaman

Seirin berjalannya waktu, mintonette pun resmi berganti nama menjadi volleyball (bola voli) pada 1896. Bahkan pada April 1947, Federasi Bola Voli Dunia pun dibentuk dengan nama FIVB di Paris. Namun kini mereka sudah berpindah markas ke Lausanne.

Di Indonesia sendiri, bola voli pertama kali diperkenalkan pada masa penjajahan. Para orang-orang Belanda memperkenalkan olahraga ini dengan suka memainkannya bersama para Bangsawan di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, permainan bola voli pun semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama mulai munculnya sejumlah tim-tim bola voli sejak Tanah Air merdeka. Pada 1995, akhirnya dibentuklah sebuah organisasi untuk olahraga voli, yaitu PBVSI.

Peraturan permainan bola voli dalam sebuah pertandingan sendiri bisa dikatakan tidak terlalu sulit dipahami. Ya, dalam setiap tim bola voli akan diisi oleh enam orang, yang mana memiliki peran dan posisi berbeda seperti spiker, tosser, defender, dan libero.

Timnas Bola Voli Indonesia

Selain itu bola voli juga memiliki persamaan dengan bulu tangkis, yang mana apabila bola keluar lapangan maka akan menghasilkan poin. Selain itu, dalam bola voli juga menganut sistem servis untuk kembali memulai permainan.

Dalam permainan bola voli, bola akan dinyatakan menghasilan poin apabila menyentuh lantai. Para pemain bola voli juga hanya diperbolehkan memantulkan bola dengan bagian badan mana saja. Namun pemain bola voli akan dikenakan pelanggaran jika dinilai melakukan tendangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini