Suzuki Akan Punya Tim Satelit di MotoGP 2022

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 38 2322394 suzuki-akan-punya-tim-satelit-di-motogp-2022-YQ1F0HGInx.jpg Davide Brivio (Foto: MotoGP)

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, menyatakan tim satelit Suzuki akan hadir di MotoGP 2022. Kehadiran tim satelit Suzuki akan diputuskan paling lambat pada Maret atau April tahun depan.

Tim-tim pabrikan besar, seperti Honda, Yamaha, Ducati, bahkan KTM, memiliki tim satelit di MotoGP. Keberadaan tim satelit akan menambah data-data yang didapatkan tim pabrikan dalam setiap balapan.

Alex Rins dan Joan Mir (Foto: MotoGP)

Data-data itu akan digunakan para mekanik untuk meningkatkan performa motor. Semakin kompetitif sebuah motor akan memperbesar peluang para pembalap untuk unjuk gigi dalam setiap balapan. Benefit itu membuat Suzuki serius dalam membentuk tim satelit.

"Dari sudut pandang tertentu, Anda mungkin berpikir itu tidak perlu karena kami memenangkan gelar, tetapi mekanik kami tidak setuju karena kami merasa kami membutuhkan lebih banyak informasi di trek,” kata Brivio, mengutip dari Tutto Motori Web, Sabtu (5/12/2020).

BACA JUGA: Konsistensi Jadi Kunci Dua Pembalap Suzuki Berjaya di MotoGP 2020

“Dalam beberapa situasi, dua pengemudi tidak cukup sebagai tim pabrik, kami ingin memiliki tim satelit untuk memperoleh dan berbagi lebih banyak informasi, tetapi proyek ini memerlukan persetujuan manajemen puncak,” ucap Brivio.

“Itu adalah sesuatu yang sedang terjadi. Akan tetapi, karena tujuannya adalah untuk melakukannya pada tahun 2022, kami harus memutuskan pada awal tahun 2021, katakanlah paling lambat pada bulan Maret atau April,” tuturnya.

Rencana memiliki tim satelit adalah Langkah besar untuk Suzuki. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya fokus Suzuki sekarang. Suzuki punya tugas lain, yaitu mengembangkan motor GSX-RR agar tetap kompetitif di MotoGP 2021.

Joan Mir dan Alex Rins (Foto: Laman resmi Suzuki)

Joan Mir, sang juara MotoGP 2020, dan Alex Rins, yang finis ketiga pada musim ini, butuh bantuan Suzuki. Mir dan Rins tidak bisa tampil impresif tanpa kuda besi yang tangguh.

Persaingan di MotoGP 2021 pun akan lebih ketat ketimbang sebelumnya. Sebab, pembalap terkuat di kejuaraan, Marc Marquez (Repsol Honda), akan kembali berlaga. The Baby Alien –julukan Marquez– kemungkinan besar akan kembali balapan pada pertengahan musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini