Dunia Ingin Melihat Valentino Rossi Jadi Manajer Tim MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 38 2319183 dunia-ingin-melihat-valentino-rossi-jadi-manajer-tim-motogp-BOuFniHHl3.jpg Valentino Rossi berbincang dengan kru tim (Foto: Twitter/@ValeYellow46)

MINDELHEIM – Wacana Valentino Rossi untuk memiliki tim balap sendiri pada Kejuaraan Dunia MotoGP, didukung penuh oleh Alex Hofmann. Menurutnya, The Doctor sudah identik dengan paddock MotoGP dan penggemar ingin melihatnya terus berada di sana.

Seperti diketahui, Valentino Rossi baru saja berpisah dengan Tim Pabrikan Yamaha setelah bergabung sejak 2004. Kerja sama keduanya sudah terjalin lebih dari 16 tahun. Banyak cerita indah yang sudah dijalin oleh pembalap asal Italia itu bersama dengan Yamaha.

Memasuki Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Valentino Rossi akan memulai petualangan baru bersama tim satelit Petronas Yamaha SRT. Ia dikontrak selama setahun dengan opsi perpanjangan selama satu tahun lagi. Namun, ada ambisi lain yang berkobar dalam diri sang pembalap.

Baca juga: Valentino Rossi Tak Sangka Pandemi Covid-19 Berdampak Besar untuk MotoGP 2020

Valentino Rossi berpisah dengan timnya (Foto: Yamaha MotoGP)

Ya, Valentino Rossi pernah mengungkapkan impian untuk memiliki tim sendiri pada ajang MotoGP. Melihat kondisi saat ini, paling cepat mimpi itu terwujud pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2022. Impian itu didukung penuh oleh bekas rivalnya di lintasan, Alex Hofmann.

Infografis Valentino Rossi

“Kita hanya bisa berharap dalam dua tahun dia akan mengambil kendali penuh pada sebuah tim MotoGP sekaligus menjadi manajer tim,” papar Alex Hofmann, mengutip dari Corse di Moto, Selasa (1/12/2020).

“Dia sudah lekat dengan paddock. Jutaan orang di seluruh dunia ingin terus menyaksikan Valentino Rossi di Kejuaraan Dunia MotoGP,” imbuh pria berkebangsaan Jerman itu.

Sebetulnya, Valentino Rossi sudah memiliki tim sendiri, yakni Sky VR46. Namun, tim balap itu sejauh ini hanya berkecimpung di kelas Moto3 dan Moto2. Peluang terbuka lebar karena ada sejumlah kemungkinan untuk membawa Team VR46 naik ke kelas premier.

Salah satunya adalah mengambil alih lisensi milik Tim Esponsorama Racing (Reale Avintia). Tim balap milik Raul Romero itu belum memperpanjang kontrak dengan promotor MotoGP, Dorna Sports, yang saat ini akan habis pada 2022.

Tim Sky VR46 berlaga di Moto2 2020

Tanda-tanda akuisisi sudah semakin jelas karena sang adik, Luca Marini, akan memperkuat tim tersebut pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Jika tidak, maka peluang berikutnya datang dari keinginan Suzuki memiliki tim satelit secepatnya pada MotoGP 2022.

Satu kemungkinan lainnya terkait dengan Yamaha. Kontrak Petronas SRT dengan Yamaha akan habis pada penghujung Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Jika tidak diperpanjang, maka Valentino Rossi bisa saja menggaet Yamaha agar VR46 bisa menjadi tim satelit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini