Pertahankan Titel, Johann Zarco Jadi Pembalap yang Sering Jatuh di MotoGP 2020

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 38 2317765 pertahankan-titel-johann-zarco-jadi-pembalap-yang-sering-jatuh-di-motogp-2020-YuiG8ojabz.jpg Johann Zarco (Foto: Laman resmi MotoGP)

MADRID – Gelaran MotoGP 2020 telah resmi berakhir pada akhir pekan lalu. Tak hanya gelar juara dunia yang sering menarik perhatian, titel tentang pembalap yang sering terjatuh dalam satu musim juga tak lepas mendapat sorotan.

Jika pada musim lalu, pembalap asal Prancis yakni Johann Zarco memegang titel tersebut. Maka tahun ini, pembalap Tim Avintia Ducati itu kembali mempertahankan gelarnya. Ia berada di podium teratas dengan catatan 15 kali kecelakaan.

Johann Zarco

Tetapi, Zarco pun hanya unggul tipis dari pembalap Tim Repsol Honda yakni Alex Marquez. Adik dari Marc Marquez itu berada di urutan kedua yang mengalami 14 kali kecelakaan. Situasi ini pun bisa dimengerti karena Alex adalah seorang rookie.

Sedangkan pada urutan ketiga ada pembalap Tim Aprilia Racing yakni Aleix Espargaro yang terjatuh 12 kali. Posisi tersebut kemudian disusul Iker Lecuona dari KTM Tech3 dan Brad Binder dari tim pabrikan KTM yang melengkapi tempat lima besar.

Baca juga DallIgna Senang Ducati Punya Banyak Wajah Baru di MotoGP 2021

Pada sisi lain, pembalap veteran asal Italia, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) tercatat mengalami kecelakaan sebanyak enam kali. Angka itu satu lebih banyak dari Cal Crutchlow (LCR Honda) yang jatuh sebanyak lima kali.

Sedangkan untuk di posisi terendah ada nama Andrea Dovizioso (Ducati) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha0. Sementara di posisi terendah ada nama Danilo Petrucci yang secara mengejutkan hanya terjatuh dua kali pada musim ini.

Namun performa para pembalap MotoGP tidak seberapa jika dibandingkan dengan kelas Moto2 dan Moto3. Kecelakaan terbanyak dicatat Kasma Daniel (Moto2) yang terjatuh sebanyak 20 kali disusul Jorge Navarro (Moto2) dengan 19 kali dan diikuti Gabriel Rodrigo (Moto3) dengan 18 kali.

Meski begitu, catatan cukup buruk mengingat para pembalap menjalani musim yang pendek. Namun, kecelakaan yang tersaji pun cukup banyak. Total dari tiga kelas ada 722 kecelakaan yang tersaji pada musim ini.

Johann Zarco

Catatan ini hanya berbeda tipis dari musim lalu ketika ada 971 kecelakaan yang terjadi. Padahal pada saat itu musim berjalan dengan normal dengan menggelar 19 seri balapan. Kecelakaan terbanyak pun terjadi di kelas Moto2 dengan menyumbang 292 kali.

Sementara, MotoGP menjadi kelas yang berkontribusi dalam menghasilkan kecelakaan dengan total 180 kali. Sedangkan sisanya yakni berjumlah 250 kali kecelakaan disumbangkan kelas Moto3.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini