Tinjau Sirkuit Mandalika, Menpora Optimis Indonesia Gelar MotoGP 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 38 2315698 tinjau-sirkuit-mandalika-menpora-optimis-indonesia-gelar-motogp-2021-asyQNinccC.jpg Menpora RI, Zainudin AmalI, mengunjungi Sirkuit Mandalika. (Foto: Kemenpora RI)

LOMBOK – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, melakukan peninjauan langsung pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Zainudin pun optimis Sirkuit Madalika bisa menggelar perlombaan MotoGP pada tahun depan.

Indonesia memang masuk kandidat tuan rumah penyelenggara ajang balap MotoGP 2021. Nama Indonesia kini masuk sebagai cadangan bersama dengan Portugal dan Rusia.

Menpora Zainudin Amali

Menpora RI pun optimis bahwa event balapan motor tingkat dunia itu bisa terlaksana di Tanah Air pada 2021. Sebab, pengerjaan sirkuit panjang trek 4,31 kilometer (km) ini akan terus dikebut sehingga siap digunakan pada tahun depan.

BACA JUGA: Sejarah! PON 2024 Digelar di Dua Provinsi, Aceh dan Sumatera Utara

"Perencanaan yang dipersiapkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) kemudian bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap jalan ya. Saya optimis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," ujar Zainudin Amali, sebagaimana keterangan pers yang diterima Okezone, Selasa (24/11/2020).

Menpora Zainudin pun memastikan bahwa fasilitas yang akan digunakan untuk perlombaan MotoGP nantinya akan dipersiapkan sebaik mungkin. Dengan kondisi ini, pihak Dorna Sports yang menjadi promotor MotoGP diharapkan bisa puas dengan hasilnya dan memilih Indonesia menjadi penyelenggara.

"Dorna pasti akan memberikan penilaian terhadap upaya yang dilakukan ITDC dan pemerintah. Kita harapkan walaupun sekarang pandemi, soal jadwal itu sepenuhnya menjadi kewenangan Dorna untuk menentukan," jelas Zainudin.

"Tugas kita menyiapkan dengan sebaiknya fasilitas yang akan digunakan untuk MotoGP. Dorna nanti akan datang melihat dan kita harap mereka puas melihat pekerjaan kita dan MotoGP akan berlangsung di Indonesia," lanjutnya.

Menpora Zainudin Amali

Untuk bisa mewujudkan hal itu, Zainudin pun mengharapkan adanya sinergi dari semua pihak terkait. Menurutnya, ini akan menjadi kunci dalam menyukseskan MotoGP di Mandalika.

"Kita adalah negara besar, saya punya keyakinan dengan kolaborasi di antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian ITDC serta kontraktor, semua bersinergi dengan baik. Sekaligus saya meyakinkan kepada masyarakat, saya dengar penjelasan Pak Gubernur dan ITDC, saya optimis MotoGP Mandalika 2021 insya Allah akan terlaksana. Informasi dari ITDC, itu masih on progres," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini