Alex Rins: Sirkuit Portimao Sulit, tetapi Menyenangkan

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 38 2313471 alex-rins-sirkuit-portimao-sulit-tetapi-menyenangkan-0vhiKLCkS6.jpg Alex Rins (Foto: Laman resmi MotoGP)

PORTIMAO – Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, berjuang cukup keras pada hari pertama MotoGP Portugal 2020, Jumat 20 November 2020. Sebab, dia masih beradaptasi dengan tata letak Sirkuit Portimao.

Rins kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat mentas di Sirkuit Portimao. Rins meraih posisi ke-11 di sesi latihan bebas pertama dan menyegel tempat ke-17 di sesi latihan bebas kedua.

Alex Rins (Foto: Twitter/@Rins42)

Alasan Rins kesulitan adalah Sirkuit Portimao yang baru pertama kali digunakan untuk balapan MotoGP. Setiap kali Portugal jadi tuan rumah balapan MotoGP maka Sirkuit Estoril menjadi lokasinya, tetapi tidak pada musim ini.

Setelah terakhir kali menggelar balapan MotoGP pada musim 2012, Portugal kembali mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah pada musim ini dengan Sirkuit Portimao sebagai lokasi penyelenggaraan. Alhasil, banyak pembalap yang harus beradaptasi dengan tata letak Sirkuit Portimao.

BACA JUGA: Mentas di Portimao sebagai sang Juara, Mir: Sekarang Saya Bebas!

Rins mengakui bahwa Sirkuit Portimao cukup sulit, tetapi juga menyenangkan untuk dilintasi. Menurut Rins, begitu banyak elemen berbeda di Sirkuit Portimao yang membuatnya harus fokus 100 persen.

Rins gagal meraih hasil apik kemarin, tetapi dia tidak menyerah. Pembalap berpaspor Spanyol itu bahkan sudah tidak sabar untuk melahap hari kedua MotoGP Portugal 2020, pada Sabtu (21/11/2020).

“Sirkuit ini sangat berat, tetapi juga menyenangkan untuk dilintasi. Anda harus berkonsentrasi sangat keras karena trek memiliki begitu banyak elemen berbeda, dengan naik turun dan lengkungan serta sudut yang berbeda, tidak ada waktu untuk bernafas! Anda harus tetap fokus dan mengelola semuanya dengan baik,” kata Rins, mengutip dari Suzuki Racing, Sabtu (21/11/2020).

“Saya tidak sabar untuk balapan lagi. Saya akan terus bekerja keras untuk menemukan pengaturan terbaik untuk bertarung di depan,” tuturnya.

BACA JUGA: Suzuki Puas dengan Hari Pertama MotoGP Portugal 2020

Rins harus menemukan pengaturan terbaik untuk GSX-RR agar memudahkannya dalam balapan. Balapan akan berlangsung pada akhir pekan ini, Minggu 22 November 2020, malam WIB.

Kemenangan wajib diraih Rins agar dirinya bisa menyegel posisi kedua klasemen akhir musim ini. Rins kini menempati posisi ketiga dengan koleksi 138 poin tertinggal empat angka dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di tempat kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini