Alex Marquez Kesal karena Jatuh Usai Disalip Dovizioso

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 09 November 2020 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 38 2306813 alex-marquez-kesal-karena-jatuh-usai-disalip-dovizioso-djalV4Mpd1.jpg Alex Marquez melaju di depan Andrea Dovizioso (Foto: Honda Racing Corporation)

VALENCIA – Harapan Alex Marquez untuk meraih gelar Pendatang Baru Terbaik MotoGP 2020 sedikit tertunda. Sebab, adik dari Marc Marquez itu terjatuh dan gagal finis pada MotoGP Eropa 2020 akhir pekan lalu. Ia terjatuh karena tiba-tiba terkejut disalip oleh Andrea Dovizioso.

Setelah tampil apik pada tiga seri terakhir sejak GP Prancis 2020, Alex Marquez berharap dapat melanjutkannya pada balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sayangnya, harapan itu tidak terwujud. Ia hanya bisa memulai balapan dari posisi 14.

Beruntung, penampilannya membaik pada lomba yang berlangsung dalam keadaan kering. Alex Marquez sempat menyalip Andrea Dovizioso dan berada posisi delapan. Akan tetapi, pembalap asal Italia itu lantas balik menyusulnya di trek lurus memasuki putaran ke-24.

Baca juga: Soal Pelanggaran Yamaha di MotoGP 2020, Alex Marquez: Mereka Curang!

Alex Marquez membidik gelar Rookie of The Year (Foto: Honda Racing Corporation)

Usai balapan, Alex Marquez mengakui dirinya kaget ketika disalip oleh Andrea Dovizioso. Karena panik, kesalahan ala rookie pun dilakukan secara tidak sadar. Hasilnya, Pembalap Tim Repsol Honda itu malah gagal finis karena mencium aspal lebih dulu.

“Ketika Dovizioso menyalip saya, pada titik di mana Anda melaju 330 kilometer per jam (km/jam), saya tiba-tiba terbangun dan entah bagaimana saya tidak bisa melakukan apa pun,” papar Alex Marquez, dikutip dari Tutto Motori Web, Senin (9/11/2020).

“Entah saya menabraknya dari belakang atau jatuh sendiri. Saya berusaha untuk tidak melakukan keduanya, tetapi terlalu dalam mengerem dengan bagian depan dan terjatuh. Sangat disayangkan karena balapan cukup bagus dan tujuan saya adalah masuk 10 besar,” imbuh pembalap berusia 24 tahun itu.

Infografis MotoGP Eropa 2020

Akibat gagal finis, Alex Marquez harus rela melihat pesaingnya Brad Binder memperlebar jarak. Pembalap asal Afrika Selatan itu finis ketujuh dan menambah sembilan angka. Padahal, sebelum lomba, kedua pembalap memiliki nilai yang sama, yakni 67.

“Pada akhirnya, kami kehilangan poin untuk bersaing menjadi Pembalap Pendatang Baru Terbaik, yang masih menjadi target utama saya hingga akhir tahun,” imbuh pembalap berkebangsaan Spanyol itu.

Harapan Alex Marquez tentu saja belum berakhir. Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 masih menyisakan dua seri lagi, yakni GP Valencia pekan depan dan GP Portugal di Sirkuit Portimao pada 22 November 2020. Selisih sembilan angka masih mungkin untuk dikejar dan dilewati.

Syaratnya tentu saja Alex Marquez mesti finis lebih baik dibandingkan Brad Binder yang membela KTM Red Bull. Hanya dengan cara itu, Alex Marquez dapat mengalahkan pesaingnya di Moto2 2019 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini