Soal Pelanggaran Yamaha di MotoGP 2020, Alex Marquez: Mereka Curang!

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 38 2305867 soal-pelanggaran-yamaha-di-motogp-2020-alex-marquez-mereka-curang-dhGciXP3VR.jpg Alex Marquez. (Foto: Instagram/@alexmarquez73)

VALENCIA – Pembalap Tim Repsol Honda, Alex Marquez, turut memberi komentar soal pelanggaran yang dilakukan Yamaha saat mentas di Sirkuit Jerez, Spanyol. Menurutnya, tindakan itu merupakan sebuah kecurangan.

Yamaha kini memang tengah mendapat sorotan besar dari public karena kedapatan melakukan pelanggaran terkait penggunaan mesin motor di MotoGP. Yamaha dituding melanggar peraturan homologasi dengan mesin yang digunakan pada balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada MotoGP 2020.

Valentino Rossi

Pihak Yamaha mengakui menggunakan katup dari dua produsen yang berbeda, tetapi diproduksi sesuai dengan satu spesifikasi desain yang umum. Atas pelanggaran ini, Federasi Balap Motor Internasional (FIM) pun menjatuhi hukuman kepada tim tersbeut.

BACA JUGA: 4 Pembalap Yamaha Lolos Hukuman dari FIM, Marquez Sindir Valentino Rossi Dkk

FIM memberi sanski pengurangan poin Yamaha di tim konstruktor sebesar 50 poin. Sementara itu, poin empat pembalap Yamaha, yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli tak dikurangi sama sekali.

Terkait kondisi ini, Alex pun memberi komentar. Ia menuding Yamaha melakukan kecurangan dalam menjalani balapan di MotoGP 2020. Tindakan ini pun dinilai Alex tidak menghormati aturan yang ada.

"Yang jelas, mereka (Yamaha) curang dan tidak menghormati aturan. Di dalam MSMA, aturan itu sangat ketat dan pada titik ini saya harus berpikir bahwa mereka tidak memberikan contoh yang baik untuk pembalap yang lebih muda,” ujar Alex, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Sabtu (7/11/2020).

“Katakanlah seolah-olah orangtua membuat anaknya berlari dengan kendaraan ilegal dan hanya anaknya yang didiskualifikasi. Situasi ini sulit diterima,” lanjutnya.

Selain Alex, sejumlah pembalap lainnya juga diketahui memberikan respons soal pelanggaran yang dilakukan oleh tim Yamaha. Salah satunya ialah kakak dari Alex, yakni Marc Marquez.

Marquez bahkan menyindir hukuman yang hanya diberikan kepada tim, tidak kepada para pembalapnya. Menurutnya, agar adil, hukuman juga seharusnya diberikan kepada para pembalap Yamaha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini