Pimpinan Proyek Yamaha Tak Puas dengan Lorenzo, Dovizioso Bisa Jadi Pengganti

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 38 2301290 pimpinan-proyek-yamaha-tak-puas-dengan-lorenzo-dovizioso-bisa-jadi-pengganti-os1e9sIBiX.jpg Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (Foto: Laman MotoGP)

LESMO – Andrea Dovizioso sudah dipastikan akan meninggalkan Ducati setelah Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 berakhir. Pasalnya, pembalap berjuluk Desmo Dovi itu sudah membulatkan tekad untuk tidak memperbarui kontraknya dengan Ducati yang akan habis akhir musim ini.

Ducati sendiri sudah menemukan dua pembalap yang akan mengisi line-up untuk tim pabrikan mereka musim depan. Kedua pembalap tersebut adalah Jack Miller dan Francesco Bagnaia yang saat ini membela tim satelit, Pramac Ducati.

Lantas bagaimana dengan nasib Dovizoso? Pembalap berpaspor Italia itu sebenarnya mendapat tawaran untuk bergabung dengan Aprilia. Sebab, hingga saat ini kelanjutan kasus dopin Andrea Iannone masih belum tuntas. Akan tetapi, Dovizioso menolaknya.

Baca juga: Morbidelli Diminta Tolak Tawaran Saling Bantu dengan Valentino Rossi

Andrea Dovizioso

Menurut laporan yang dimuat Motorsport Total, Kamis (29/10/2020), saat ini Dovizioso lebih dekat dengan pintu masuk Yamaha. Dovi pasalnya bakal diproyeksikan untuk menjadi pembalap penguji Yamaha.

Yamaha sendiri sebenarnya sudah memiliki Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji. Akan tetapi, pembalap berjuluk X-Fuera itu dinilai tidak cukup berkontribusi dalam mengembangkan motor balap Yamaha.

Lorenzo disebut tidak pernah berlatih di lintasan atau bahkan menggunakan motor umum di jalan raya. Hal ini tentunya membuat Pimpinan Proyek Yamaha, Takahiro Sumi, dan membuatnya kini mengevaluasi kontrak milik Lorenzo.

Sumi sebenarnya cukup maklum Lorenzo tidak bisa melakukan pengujian karena masalah kesehatan dan pembatsan perjalanan akibat pandemi Corona (Covid-19). Akan tetapi, Sumi tentu tak akan membiarkan pekerjaan di tim menjadi terbengkalai.

“Program tahun ini termasuk melakukan beberapa tes di Eropa, tetapi masalah kesehatan dan perjalanan tidak memungkinkan. Jadi kami kehilangan manfaat yang bisa diberikan Lorenzo kepada kami dan itu memalukan,” ujar Sumi, mengutip dari Motorsport Total, Kamis (29/10/2020).

Jorge Lorenzo

“Idenya adalah untuk melakukan lebih banyak tes di Eropa, tetapi saat ini kami belum memutuskan pengemudi dan staf tim penguji. Kami sedang memikirkannya," sambung pria berpaspor Jepang tersebut.

Melihat kondisi ini, peluang Dovizoso untuk menggantikan Lorenzo pun semakin terbuka. Dovizioso sendiri sebenarnya masih berhasrat bertarung di lintasan balap. Dengan menjadi pembalap penguji, ia bisa kembali ke berkompetisi menggunakan wild card.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini