Jika Juarai MotoGP 2020 Tanpa Pernah Menang, Joan Mir Bukan yang Pertama

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 38 2299684 jika-juarai-motogp-2020-tanpa-pernah-menang-joan-mir-bukan-yang-pertama-gJKj5SZz0N.jpg Joan Mir. (Foto: Instagram/@joanmir36official)

ARAGON – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, semakin memperbesar kansnya untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020. Usai finis ketiga di MotoGP Teruel 2020, Mir kini unggul 14 poin dari Fabio Quartararo yang mengekor di tempat kedua pada klasemen sementara.

Mir hanya perlu menjaga ritme kinerja apiknya ke tiga seri balapan lagi. Dengan begitu, pembalap asal Spanyol itu bisa memastikan diri keluar sebagai juara untuk pertama kalinya di kelas MotoGP.

Joan Mir

Tetapi soal gelar juara, sosok Mir sendiri tengah menjadi perbincangan hangat karena sampai saat ini belum bisa menuai satu pun kemenangan. Ia bahkan berpotensi merebut gelar juara tanpa memenangi satu pun balapan musim ini.

BACA JUGA: Juara Dunia MotoGP 2020 di Depan Mata, Mir Siap Tampil Maksimal di 3 Seri Terakhir

Mir memang berhasil menyuguhkan penampilan yang begitu apik di MotoGP 2020. Sering kali hanya memulai balapan dari posisi belakang, tetapi ia bisa melaju dengan kencang hingga akhirnya naik podium.

Tetapi, rekan setim Alex Rins itu belum pernah sekalipun naik podium pertama. Hasil terbaik Mir sejauh ini adalah finis di urutan kedua yang sudah terjadi tiga kali, yakni di GP Austria, Emilia Romagna, dan Catalunya.

Jika kondisi ini terus berlanjut ke tiga balapan terakhir musim ini hingga dirinya dipastikan menjadi kampiun, Mir bakal menyandang status sebagai juara tanpa kemenangan di MotoGP. Tetapi, kondisi ini tak menjadikan Mir sebagai pembalap pertama di ajang balap motor grand prix yang juara tanpa meraih satu pun kemenangan.

Sebelumnya, sudah ada beberapa nama yang mengalami hal serupa. Sebagaimana dikutip dari laman resmi MotoGP, Senin (26/10/2020), salah satu pembalap yang pernah mengalami hal itu ialah Emilio Alzamora.

Tepatnya, Alzamora dipastikan keluar sebagai juara di kelas 125 cc pada 1999 dalam kondisi tak pernah menang sekalipun. Ia berhasil mengalahkan sederet rivalnya, termasuk Marco Melandri yang digadang-gadang menjadi juara kala itu.

Joan Mir

Meski juara, jarak poin Alzamora dengan Melandri tak terlalu jauh. Di klasemen akhir, mereka hanya terpaut satu poin. Melandri sendiri diketahui berhasil meraih lima kemenangan di sepanjang gelaran 125 cc pada 1999.

Selain Alzamora, ada Manuel Herreros. Ia juga menjadi juara dunia kala tak pernah meraih kemenangan satu kali pun. Tepatnya, hal itu didapa Herreros pada 1989 pada kelas 80 cc.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini