Marc Marquez Kemungkinan Tak Akan Balapan Lagi di 2020

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 38 2299106 marc-marquez-kemungkinan-tak-akan-balapan-lagi-di-2020-aQCQLZ7uO3.jpg Pembalap Honda, Marc Marquez (Foto: Laman MotoGP)

ARAGON – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat ini harus menepi dari lintasan karena sedang menjalani masa penyembuhan setelah melakukan operasi. Namun, kondisi Marquez tak kunjung bugar dan ini menimbulkan spekulasi bahwa sang juara bertahan harus absen hingga akhir musim.

Karena Marquez tidak bisa tampil, maka posisinya pun digantikan oleh pembalap penguji Honda, Stefan Bradl. Tercatat, Bradl sudah menggantikan Marquez sejak balapan seri ketiga yang dilangsungkan pada awal Agustus 2020.

Baru-baru ini, Bradl menyatakan secara implisit bahwa Marquez tidak akan bisa ikut balapan di sisa musim kompetisi MotoGP 2020. Sebab, Bradl sudah diberi amanah oleh pihak Honda untuk terus berlaga hingga kompetisi selesai.

Baca juga: Absennya Marquez Bukan Penyebab Keanehan Kejuaraan Dunia MotoGP 2020

Stefan Bradl

“Saya akan menutup musim ini. Mereka memberi tahu saya kemarin di Honda dan saya tidak tahu apakah saya bisa mengatakannya secara resmi, tapi itu fakta,” ungkap Bradl, seperti dilansir dari Tutto Motori Web, Minggu (25/10/2020).

Lebih lanjut, Bradl menerangkan bahwa Honda juga tidak ingin mengambil risiko dengan memaksakan Marquez balapan, sementara pembalap berjuluk The Baby Alien itu belum bugar sepenuhnya. Karena itu hanya akan memperparah kondisi Marquez.

“Marc harus berpikir untuk kembali ke 100 persen. Jadi baginya tidak ada gunanya mengambil risiko untuk mencoba lagi sebelum kembali secara maksimal,” lanjut Bradl.

Sebenarnya cukup masuk akal pilihan yang dibuat oleh Honda tersebut. Karena, meski Marquez kembali ke lintasan balap sekarang pun, peluang baginya untuk memenangkan kejuaraan sudah tertutup.

Marquez mendapatkan cedera ini saat mengalami kecelakaan parah pada gelaran seri perdana MotoGP 2020 yang dilangsungkan Minggu 19 Juli di Sirkuit Jerez. Saat berada di lap ke-21, pembalap berpaspor Spanyol itu kehilangan kendali pada motornya dan terpental ke gravel.

Marc Marquez

Akibat dari insiden tersebut, Marquez tidak hanya gagal menyelesaikan balapan, namun juara dunia MotoGP sebanyak enam kali itu juga mengalami patah lengan kanan. Tak ayal, Marquez pun harus naik ke meja operasi.

Kendati demikian, Marquez yang kemudian mencoba memaksakan tampil untuk seri berikutnya, justru membuat kondisinya semakin memburuk. Pada awal Agustus 2020, The Baby Alien pun harus menjalani operasi kedua karena plat titanium yang ditanamkan ke lengannya pada operasi pertama mengalami kerusakan akibat akumulasi tekanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini