Adaptasi Alex Marquez Lebih Baik ketimbang Pedrosa dan Lorenzo

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 38 2298997 adaptasi-alex-marquez-lebih-baik-ketimbang-pedrosa-dan-lorenzo-uXPCKJapWG.jpg Alex Marquez duduk di garasi (Foto: Honda Racing Corporation)

ALCANIZ – Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, membandingkan kiprah Alex Marquez dengan dua pendahulunya, yakni Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Menurutnya, Alex berhasil beradaptasi dengan motor Honda RC213V, sementara dua seniornya itu tidak.

Seperti diketahui, motor Honda RC213V sering disebut sulit ditaklukkan pembalap selain Marc Marquez. Bukti nyata terpampang dari perbandingan dengan dua rekan setimnya, yakni Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Pada MotoGP 2018, Pedrosa sama sekali gagal naik podium, tetapi konsisten di 10 besar.

Hasil lebih parah diraih Jorge Lorenzo pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Por Fuera bahkan tidak pernah finis di posisi 10 besar dari 16 lomba. Ia sangat kesulitan untuk menaklukkan RC213V yang memiliki tenaga besar. Bahkan, juara dunia MotoGP tiga kali itu pensiun di akhir musim.

Baca juga: Puig Yakin Cara Honda Perlakukan Alex Marquez Sudah Tepat

Jorge Lorenzo tak mampu beradaptasi (Foto: MotoGP)

Sementara itu, hasil berbeda ditorehkan Alex Marquez. Adik dari Marc Marquez itu mampu dua kali naik podium dengan finis posisi dua pada MotoGP Prancis dan Aragon 2020. Keberhasilan itu membuat Alberto Puig sedikit bangga.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, Alberto Puig mengklaim Alex Marquez beradaptasi dengan lebih baik. Kedua senior itu tidak bisa menyesuaikan gaya balapnya dengan motor demi mendapat hasil yang bagus.

“Dua pembalap itu, salah dua yang terbaik yang pernah saya temui, tidak berhasil beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan oleh motor Honda. Tentu saja, nilai keduanya tidak perlu diperdebatkan lagi. Namun, untuk beberapa alasan, Alex mampu memahami motor dengan baik,” papar Alberto Puig, melansir dari Corse di Moto, Sabtu (24/10/2020).

“Anda harus bisa menungganginya dengan cara tertentu demi mengoptimalkan potensinya. Alex mampu menguasai teknik itu hanya dalam waktu singkat,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

Berbeda dengan Alex Marquez, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo juga memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk beradaptasi dengan motor RC213V. Pedrosa sendiri sudah mengaspal dengan motor itu sejak MotoGP 2013.

Perlu diakui, Jorge Lorenzo memang terganggu cedera pada awal kariernya bersama Repsol Honda. Cedera pula yang mengakhiri karier balapnya. Punggung pembalap asal Spanyol itu nyaris lumpuh setelah mengalami kecelakaan hebat di Sirkuit Assen, Belanda.

Penampilan gemilang Alex Marquez itu jelas menggembirakan bagi Alberto Puig. Juara dunia Moto2 2019 tersebut berhasil membuktikan kepada khalayak bahwa Honda Racing Corporation (HRC) tidak salah memilihnya sebagai pengganti Jorge Lorenzo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini