Alex Meningkat Pesat, Pernat: Honda Tak Lagi Terpaku dengan Marc Marquez

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 38 2296661 alex-meningkat-pesat-pernat-honda-tak-lagi-terpaku-dengan-marc-marquez-y0MPnqOzlA.jpg Marc Marquez dan Alex Marquez. (Foto: Instagram/@hrc_motogp)

ARAGON – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, mengomentari peningkatan pesat yang mampu ditunjukkan Alex Marquez di beberapa balapan terakhir. Menurutnya, kondisi ini menjadi bukti bahwa Honda tak lagi terpaku dengan Marc Marquez.

Honda diklaim tengah berupaya menyesuaikan motornya dengan berbagai gaya membalap dari rider yang dimiliki. Kondisinya berbeda dari sebelumnya, di mana motor Honda hanya dibentuk khusus untuk mengikuti Marquez.

Alex Marquez

Hal ini diyakini Pernat karena menurutnya gaya membala Alex dengan Marquez sangat berbeda. Karena itu, Alex pun tampak kesulitan beradaptasi dengan motor Honda yang dibentuk mengikuti Marquez.

BACA JUGA: Alex Marquez Bikin Pembalap Honda Penasaran Ingin Intip Datanya

Kini, kesulitan itu tampak sudah berhasil diatasi dengan baik oleh Alex. Terbukti, juara dunia Moto2 2019 itu bisa menuai hasil manis di dua balapan terakhir MotoGP 2020.

Tren positif Alex dimulai di MotoGP Prancis 2020. Dalam balapan seri kesembilan yang digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis itu, Alex berhasil naik podium kedua.

Kesuksesan ini berhasil terus dilanjutkan Alex ke balapan seri ke-10 MotoGP 2020. Tampil di MotoGP Aragon 2020, pembalap asal Spanyol itu kembali naik podium kedua. Bahkan sejatinya, ia punya peluang untuk menang. Sayangnya, Alex gagal mengalahkan Alex Rins.

Penilaian Pernat soal kondisi motor Honda yang mulai mengalami perubahan ini juga dibuktikan lewat hasil dua pembalap lainnya di Honda. Selain Alex, dua rider tim satelit Honda, yakni Takaaki Nakagami dan Cal Crutchlow juga menuai hasil manis.

Nakagami finis di urutan kelima, sementaa Crutchlow mengakhiri balapan di posisi kedelapan pada MotoGP Aragon 2020. Kondisi ini semakin menguatkan Pernat bahwa Honda mulai menyesuaikan motornya dengan para pembalapnya.

Marc Marquez

Hal ini tentu saja dilakukan karena menyadari Marquez tak bisa menjalani balapan dalam waktu yang panjang di MotoGP 2020. Jika akhirnya ingin mendulang hasil manis tanpa Marquez yang sedang cedera, Honda harus melakukan perubahan.

“Gaya berkendara Alex berbeda dengan gaya Marc. Itu berarti, Honda sedang berupaya menyesuaikan motornya dengan berbagai gaya,” ujar Pernat, sebagaimana dikutip dari GP One, Selasa (20/10/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini