Jelang Balapan, Dovizioso Umbar Kesulitan Sirkuit Aragon

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 38 2294812 jelang-balapan-dovizioso-umbar-kesulitan-sirkuit-aragon-Ig19kLnzF1.jpg Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. (Foto: Twitter/AndreaDovizioso)

ARAGON – Para pembalap MotoGP kini sudah tiba di Aragon untuk mempersiapkan diri menghadapi balapan seri ke-10 MotoGP 2020 yang berlangsung pada Minggu 18 Oktober 2020. Tentunya banyak pembalap yang mengincar podium juara di Sirkuit Aragon, Spanyol tersebut, termasuk Andrea Dovizioso.

Kendati begitu, Dovizioso menilai tidak mudah menang di Sirkuit Aragon tersebut. Sebab menurutnya trek Aragon sangat sulit untuk dikuasai terutama dalam hal tikungannya.

Dengan selalu memiliki pelindung ban baru disetiap balapannya, maka pekerjaan Dovizioso pertama kali ketika tiba di sirkuit yang baru adalah memahami kinerja dari ban yang akan dipakainya tersebut.

Baca Juga: Dovizioso Didekati Berbagai Tim Pabrikan, Siap Jadi Test Rider?

Andrea Dovizioso

Menurut Dovizioso, sangatlah penting memahami ban baru terutama ketika melintasi tikungan. Sebab dalam balapan, baginya hal yang terpenting adalah momen ketika pertama kali keluar dari tikungan.

Dovizioso menyebut peranan ban sangatlah penting ketika tikugan tersebut. Jadi PR pertamanya nanti saat sesi latihan bebas adalah memahami kinerja ban ketika keluar dari tikungan di Sirkuit Aragon yang memiliki 17 tikungan.

“Seperti setiap akhir pekannya, saya tidak tahu (apa yang terjadi) karena dengan casing (ban) baru. Karena itulah saya sangat tertarik untuk melihat bagaimana performa saya ketika baru keluar tikungan,” ungkap Dovizioso, dikutip dari Crash, Jumat (16/10/2020).

“Biasanya dengan ban ini, sangat sulit untuk mengatur bagian pertama ketika baru keluar dari tikungan. Jadi, akan sangat penting untuk menjadi baik-baik saja di area tersebut,” tambah rider berjuluk The Little Dragon tersebu.

"Akan tetapi, secara keseluruhan, saya pikir ini bisa menjadi trek yang bagus bagi kami, karena ada banyak pengereman dengan sudut (yang cocok dengan motor Ducati,” tambahnya.

Fakta menarik MotoGP Aragon

Sejauh ini, Ducati memang cukup dijagokan untuk meraih hasil baik di MotoGP Aragon 2020. Hal itu dikarenakan hasil musim lalu, di mana ada dua rider Ducati yang berhasil finis di podium. Kedua rider itu adalah Dovizioso dan Jack Miller.

Dovizioso dan Miller pada musim lalu hanya kalah cepat dari Marc Marquez yang menang di MotoGP Aragon 2019. Dengan absennya Marquez karena masih dalam tahap pemulihan sehabis cedera parah, maka peluang Dovizioso dan Miller atau rider Ducati lainnya untuk menang jelas akan semakin besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini