Berkat Intip Gaya Balapan Pedrosa, Vinales Yakin Bisa Menang di Aragon

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 38 2294727 berkat-intip-gaya-balapan-pedrosa-vinales-yakin-bisa-menang-di-aragon-JclJqfdvBD.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. (Foto: Twitter/mvkoficial12)

ARAGON – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales akan menjadi satu-satunya rider tim pabrikan Yamaha yang turun di MotoGP 2020. Dengan begitu, Vinales lantas mendapatkan tekanan yang begitu luar biasa dari pendukung Yamaha karena banyak yang menantikan ada rider dari tim tersebut yang berdiri di podium juara GP Aragon lagi.

Vinales menjadi satu-satunya rider pabrikan Yamaha itu karena Valentino Rossi dipastikan absen karena virus corona. Namun, ternyata semua hal tersebut tak membuat Vinales terlalu khawatir atau tertekan.

Sebab ternyata Vinales sudah menemukan trik baru yang dirasa mampu membuat peluang kemenangannya semakin besar. Trik itu mengenai cara memulai balapan dengan baik dan langsung melaju dengan cepat.

Baca Juga: Valentino Rossi Positif Covid-19, Pabrikan Yamaha Bersandar pada Vinales di Sirkuit Aragon

Maverick Vinales

Menariknya, trik baru itu didapatkan Vinales dari mengintip gaya balapan Dani Pedrosa. Vinales berhasil memantau gaya balapan Pedrosa ketika rider tes KTM itu sedang melakukan uji coba di Sirkuit Portimao, Portugal pada beberapa pekan yang lalu.

Awalnya Vinales heran mengapa Pedrosa bisa memulai balapan atau menggas motornya dengan sangat baik. Ketika ia lihat dengan seksama, ternyata rider asal Spanyol itu tak menggunakan perangkat elektronik, launch control.

Seperti yang diketahui, launch control adalah perangkat elektronik yang memang disediakan untuk menjaga agar ketika seorang pembalap tidak terjengkang ketika baru pertama kali menggas motor MotoGP-nya. Jadi, para pembalap MotoGP bisa merasa aman menarik gasnya sedalam mungkin saat memulai balapan tanpa kesulitan menguasai kuda besi mereka.

Akan tetapi, tentu ada tenaga yang ditahan oleh launch control sehingga kecepatan maksimal sulit didapatkan. Tenaga yang ditahan launch control itulah yang kini coba dipakai Vinales.

Vinales pun sudah mencoba untuk mematikan launch control di MotoGP Prancis 2020 akhir pekan kemarin. Saat di sesi latihan bebas dan kualifikasi semuanya berjalan lancar, Vinales tampil baik dan ia pun mencobanya lagi saat balapan berlangsung.

Kendati begitu, ternyata cara Pedrosa itu sulit dilakukan ketika balapan berlangsung. Vinales justru gagal tampil baik di awal balapan dan harus puas hanya bisa finis di urutan ke-10. Hasil kurang maksimal itu lantas tak membuat Vinales menyerah.

Fakta menarik MotoGP Aragon

Vinales percaya bisa memaksimalkan cara mematikan launch control ala Pedrosa itu saat balapan berlangsung. Andai saja bisa mengawali balapan tanpa launch control, Vinales merasa yakin peluangnya untuk menang di MotoGP Aragon 2020 pada Minggu 18 Oktober 2020 akan semakin besar.

“Di Portimao saya melihat Pedrosa start tanpa elektronik. Sepertinya begitu cepat. Saya mencoba, mencoba dan mencoba. Dalam prakteknya itu sangat bagus. Lebih baik dari memulai dengan cara biasanya. Tapi dalam balapan itu sangat sulit,” kata Vinales, mengutip dari crash, Jumat (16/10/2020).

"Saya membutuhkan lebih banyak latihan untuk mulai menjadi kompetitif. Saya akan terus berusaha. Saya akan mencoba melakukannya dengan cara saya dan saya akan mencoba untuk menjadi lebih kompetitif daripada balapan terakhir,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini