Catatan Valentino Rossi di Sirkuit Aragon Buruk, tapi Yamaha Tetap Optimistis

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 38 2293866 catatan-valentino-rossi-di-sirkuit-aragon-buruk-tapi-yamaha-tetap-optimistis-lWBCfMfEpT.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

ALCANIZ – Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, tahu rekam jejak Valentino Rossi di Sirkuit Aragon, Spanyol, tidaklah bagus. Meski begitu, Meregalli menegaskan Yamaha tetap yakin Rossi bisa meraih hasil apik di MotoGP Aragon 2020 yang akan berlangsung pada Minggu 18 Oktober 2020.

Sejak Sirkuit Aragon masuk kalender MotoGP pada musim 2010, Rossi baru tiga kali berdiri di atas podium. The Doctor –julukan Rossi– menempatkan dirinya di posisi ketiga pada musim 2013, 2015, and 2016.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Selain pada tiga musim itu, Rossi hanya menjadi pemanis dalam balapan di sirkuit sepanjang 5,1 kilometer tersebut. Rossi kerap kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga diragukan menuai hasil apik pada akhir pekan ini.

Namun, Meregalli tetap percaya Rossi bisa berbicara banyak di MotoGP Aragon 2020. Meregalli menilai ada hal yang membuat Rossi bisa meraih hasil berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Lorenzo Bongkar Pemicu Hubungan Buruk Valentino Rossi dan Marc Marquez

Perbedaan yang dimaksud Meregalli, adalah kecepatan YZR-M1 tunggangan Rossi. Meregalli yakin kecepatan YZR-M1 pada musim ini bisa membawa Rossi mengulang prestasi terbaiknya di Sirkuit Aragon, yaitu finis di tiga besar.

“Vale –sapaan akrab Rossi–bukan penggemar terbesar sirkuit ini, tetapi kecepatannya sangat kuat tahun ini. Dia sudah berdiri di podium di Aragon tiga kali sebelumnya dan motivasinya untuk kembali ke podium sangat tinggi,” kata Meregalli, menyadur dari Yamaha Racing, Kamis (15/10/2020).

Meregalli menilai Rossi cukup cepat musim ini, tetapi hasil balapan berkata sebaliknya. Sebab, Rossi kerap mendapatkan hasil minor dalam balapan karena terjatuh atau kalah saing dengan para pembalap lain.

Contoh teranyar adalah ketika Rossi tampil pada balapan sebelumnya, MotoGP Prancis 2020. Rossi terjatuh sesaat setelah balapan dimulai. Alhasil, Rossi pun tidak mendapatkan apapun dalam balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu 11 Oktober 2020, malam WIB tersebut.

BACA JUGA: Petronas Yamaha SRT Bakal Maksimalkan Pengalaman Rossi di MotoGP 2021

Hasil buruk di Sirkuit Le Mans adalah contoh nyata ketidakmampuan Rossi memaksimalkan kecepatan YZR-M1. Padahal, itu adalah modal bagus bagi Rossi untuk berjaya dalam setiap balapan musim ini.

Namun, terpaku pada hasil buruk tidak akan menghasilkan apa-apa untuk Rossi. Pembalap asal Italia itu harus membuktikan kualitasnya ketika tampil pada balapan akhir pekan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini