Mick Doohan Anggap Wajar Aksi Nekat Marquez Balapan di Jerez Usai Operasi

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 38 2293634 mick-doohan-anggap-wajar-aksi-nekat-marquez-balapan-di-jerez-usai-operasi-dcGJpNPMyU.jpg Marc Marquez. (Foto: Instagram/@hrc_motogp)

GOLD COAST – Legenda balap, Mick Doohan, punya pandangan berbeda soal aksi nekat Marc Marquez menjalani balapan di MotoGP Andalusia 2020 saat baru saja operasi lengan kanan. Saat sejumlah pihak mengkritik Marquez terkait aksi nekatnya itu, Doohan justru memandangnya sebagai hal yang wajar.

Bagi Doohan, setiap pembalap punya ambisi yang berbeda dalam menjalani kariernya. Ia sendiri telah melakukan langkah yang sama seperti Marquez saat masih berkarier sebagai pembalap di masa lampau.

Marc Marquez

Tepatnya, pada 1999, Doohan bercerita bahwa dirinya mengambil langkah yang nekat untuk menjalani balapan, meski baru saja didera cedera pada kakinya. Hasilnya, ia justru membuat luka di kakinya menjadi semakin parah dan akhirnya batal melakukan balapan.

BACA JUGA: Absen di 9 Seri, Kondisi Marc Marquez Buat Mick Doohan Prihatin

Karena itu, Doohan memahami betul keputusan yang diambil Marquez dalam balapan MotoGP Andalusia 2020. Dengan begitu, ia tak mengikuti pandangan banyak orang yang justru mengkritik The Baby Alien -julukan Marquez.

“Saya telah melakukan hal yang sama di masa lalu. Saya mendorong terlalu keras dengan kaki saya pada 1999 untuk kembali dengan cepat,” ujar Doohan, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Rabu (14/10/2020).

“Saya kemudian mematahkan semua sekrup di panel dan kaki saya roboh. Itu juga alasan mengapa saya kemudian mengundurkan diri,” lanjutnya.

Marquez memang sempat mendapat perhatian besar dari publik karena mengambil keputusan nekat untuk mentas di MotoGP Andalusia 2020. Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol itu, Marquez yang baru menjalani operasi karena terjatuh dalam balapan seri perdana, tiba-tiba mengumumkan siap balapan di GP Andalusia.

Marc Marquez

Padahal, jarak operasi Marquez dengan balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, itu sendiri diketahui hanya terpaut beberapa hari. Dengan kondisi ini, banyak pihak pun awalnya memprediksi Marquez akan absen dan fokus pada penyembuhan patah lengan kanannya.

Tetapi, juara dunia delapan kali itu tetap kekeh untuk tampil.  Marquez yang mendapat izin dari tim medis pun akhirnya beraksi di sesi kualifikasi MotoGP Andalusia 2020. Tetapi, ia akhirnya memutuskan mundur dari perlombaan karena khawatir kondisinya akan memburuk untuk balapan selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini