Tampil Buruk di MotoGP Prancis, Joan Mir: Sekali-kali Bolehlah

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 38 2292943 tampil-buruk-di-motogp-prancis-joan-mir-sekali-kali-bolehlah-qJKATyiNGW.jpg Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir. (Foto: Twitter/JoanMirOfficial)

LE MANS – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, gagal tampil mentereng saat mentas di balapan MotoGP Prancis 2020. Mengawali race dari posisi ke-14, Mir sudah terlihat kesulitan untuk dapat memperbaiki posisinya di awal balapan.

Apalagi Mir sempat melebar jauh dari lintasan di lap awal pada tikungan ketiga karena demi menghindari kecelakaan yang menimpa Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha). Gara-gara terlalu melebar, Mir pun semakin sulit untuk dapat memperbaiki posisinya.

Alhasil, finis di urutan ke-11 menjadi hasil terbaik yang dapat diraih rider berusia 23 tahun tersebut. Finis di luar 10 besar itu pun menjadi hasil terburuk yang dicapai Mir di sepanjang MotoGP 2020.

Baca Juga: Joan Mir Merasa Beruntung Balapan di Le Mans Diguyur Hujan

Joan Mir

Sebelum-sebelumnya rekan setim Alex Rins tersebut setidaknya mampu finis di posisi lima besar. Hanya di seri Spanyol dan Republik Ceko saja Mir gagal menyelesaikan balapan karena mengalami insiden yang membuat harus menyudahi race lebih cepat.

Tentunya banyak pihak yang merasa kecewa dengan pencapaian Mir di MotoGP Prancis 2020. Termasuk Mir yang memang mengaku kesulitan untuk dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya di Sirkuit Le Mans, Prancis tersebut.

Akan tetapi, Mir merasa sekali-kali tidak apa-apa melakukan kesalahan di balapan MotoGP. Ia pun dapat belajar dari kesalahan tersebut. Satu hal yang pasti, seusai penampilan buruknya itu ia tak boleh melakukan kesalahan yang sama lagi di balapan selanjutnya.

“Sebenarnya, tidak apa-apa seperti ini (meraih hasil buruk di MotoGP Prancis 2020). Untuk membuat satu balapan buruk jelas diperbolehkan, tapi yang tidak bisa kami lakukan adalah mengulangi penampilan seperti itu lagi ketika balapan di Aragon,” ungkap Mir, dikutip dari AutoSport, Selasa (13/1/2020).

Beruntungnya, kegagalan Mir tampil baik itu diikuti oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Quartararo juga tampil buruk dan hanya bisa finis di urutan kesembilan. Baik Mir dan Quartararo pulang dangan hanya berbeda dua poin dari hasil MotoGP Prancis.

Joan Mir

Tentu itu sangat baik untuk Mir yang saat ini sedang berusaha untuk menyalip Quartararo yang berada di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2020. Kini, Mir yang berada di urutan kedua hanya tertinggal 10 poin saja dari Quartararo.

Dengan balapan MotoGP 2020 masih menyisakan lima seri lagi, maka peluang Mir untuk menjadi juara dunia di ajang balapan tersebut masih sangat besar. Tentu menarik melihat siapa kira-kira pembalap yang bakal keluar menjadi juara MotoGP di musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini