Alex Marquez Sebal Dinilai Tidak Pantas untuk Repsol Honda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 38 2292633 alex-marquez-sebal-dinilai-tidak-pantas-untuk-repsol-honda-BLqOxLBbm3.jpg Alex Marquez menjadi runner-up MotoGP Prancis 2020 (Foto: Honda Racing Corporation)

LE MANS – Keberhasilan naik podium pada MotoGP Prancis 2020 membuat Alex Marquez gembira. Pembalap Tim Repsol Honda itu mengaku tidak masalah dengan kritik yang selama ini diarahkan kepadanya. Namun, ia tidak terima jika dianggap tidak pantas membela Repsol Honda.

Sebagaimana diketahui, Alex Marquez dikontrak oleh Honda Racing Corporation (HRC) sebagai pengganti Jorge Lorenzo pada akhir musim MotoGP 2019. Adik dari Marc Marquez itu langsung ditempatkan di Tim Repsol Honda alih-alih tim satelit LCR Honda.

Banyak yang menganggap, HRC terburu-buru mempromosikan Alex Marquez ke tim pabrikan. Apalagi, penampilan pembalap berusia 23 tahun itu kurang apik pada delapan seri MotoGP 2020. Kendati berstatus sebagai rookie, harapan besar tersemat di pundaknya.

Baca juga: Tampil Cepat di Lintasan Basah, Marquez Juga Ingin Moncer di Trek Kering

Alex Marquez menunjukkan kematangan di balapan basah (Foto: Honda Racing Corporation)

Kritik tajam langsung menghujani Alex Marquez. Pembalap kelahiran Cervera itu mengaku bisa menerima segala bentuk kritikan. Bahkan, kritikan itu diubah menjadi sumber motivasi. Namun, ia tidak bisa menerima jika dibilang kurang pantas membela Repsol Honda.

“Saya tahu mengapa ada di sini dan mengenakan warna kebesaran ini. Saya adalah juara dunia dua kali. Saya paham mengapa mereka mempromosikan saya ke Repsol Honda. Tim percaya kepada saya, jadi itu yang ada di kepala saya saat ini,” ujar Alex Marquez, dikutip dari Crash, Selasa (13/10/2020).

“Kritik terkadang sangat bagus. Itu bisa memberi Anda tambahan motivasi dan api semangat untuk terus melaju serta percaya pada diri sendiri. Saya sepakat dengan kritik di luar sana karena performa saya kurang bagus. Namun, soal kepindahan ke tim ini, saya tidak peduli,” imbuh juara dunia Moto2 2019 itu.

Ya, Alex Marquez memang memegang dua gelar juara dunia. Selain Moto2 2019, pembalap bernomor motor 73 itu adalah juara dunia Moto3 2014. Dua gelar juara dunia pada kelas Moto2 dan Moto3, sebetulnya sama dengan milik sang kakak, Marc Marquez.

Penampilannya pada MotoGP Prancis 2020 di Sirkuit Bugatti, Le Mans, pada Minggu 11 Oktober malam WIB benar-benar menunjukkan kapasitasnya. Betapa tidak, Alex Marquez mampu melesat dari posisi 18 saat start dan finis sebagai runner-up.

Hujan serta sejumlah pembalap yang gagal finis memang membantu Alex Marquez. Namun, pembalap bertinggi badan 180 sentimeter (cm) itu mampu tampil dengan kepala dingin. Ia menyalip satu per satu lawan, terutama Andrea Dovizioso pada putaran-putaran terakhir.

Kendati berhasil menunjukkan kapasitasnya, Alex Marquez sendiri tidak akan membela Repsol Honda pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Tempatnya akan diisi oleh Pol Espargaro. Sementara Alex Marquez akan membalap untuk LCR Honda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini