Dukungan Lorenzo Terbagi Dua untuk Quartararo dan Mir

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 38 2292586 dukungan-lorenzo-terbagi-dua-untuk-quartararo-dan-mir-CgMrgw0wl8.jpg Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap penguji Monster Energy Yamaha, Jorge Lorenzo, tidak hanya mendukung Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) untuk menjadi juara MotoGP 2020, tetapi juga Joan Mir (Suzuki Ecstar). Ada alasan di balik terbagi duanya dukungan Lorenzo.

Lorenzo ingin Mir keluar sebagai juara MotoGP 2020 karena keduanya berasal dari Palma de Mallorca, Spanyol. Selama ini, Mallorca hanya punya satu juara dunia MotoGP, yakni Lorenzo. Por Fuera –julukan Lorenzo– ingin ada pembalap Mallorca lain yang keluar sebagai juara MotoGP.

Joan Mir (Foto: Laman resmi MotoGP)

Selain karena faktor kedaerahan, Lorenzo pun menilai Mir punya kemampuan menjadi juara. Por Fuera telah melihat bakat balap Mir sejak pembalap Suzuki itu tampil di Moto3 pada 2015-2017. Mir mengakhiri tahun terakhirnya di Moto3 dengan gelar juara.

Setelah itu, Mir semusim tampil di Moto2 sebelum naik kelas ke MotoGP pada 2019 silam. Musim debut Mir di MotoGP tidak berakhir manis karena hanya mampu finis ke-12 dengan koleksi 92 poin.

BACA JUGA: Valentino Rossi Nilai Lorenzo Berbakat sebagai Pembalap Tes

“Mir selalu memiliki bakat, baik di Moto3 saat menjadi juara maupun Moto2. Di MotoGP, selalu sulit untuk menjadi debutan, terutama jika Anda memulai dengan motor dengan tujuan mencapai target dan memperoleh hasil,” ujar Lorenzo, menyadur dari Tutto Motori Web, Selasa (13/10/2020).

Musim lalu jadi sekolah bagi Mir untuk memahami MotoGP. Kemampuan terbaik Mir baru terlihat pada musim ini dengan meraih empat podium dari sembillan balapan yang telah dijalaninya. Penampilan apik itu membuatnya bersaing untuk meraih gelar juara bersama Quartararo.

Mir yang mengoleksi 105 poin di posisi kedua, hanya tertinggal 10 angka dari sang pemuncak klasemen sementara, Quartararo. Peluang kedua pembalap itu menjuarai MotoGP 2020 masih terbuka lebar karena ada lima balapan tersisa sebelum musim ini berakhir.

“Dia (Mir) melakukannya dengan sangat baik (pada musim ini). Jelas terlihat bahwa dia banyak bekerja dan sangat agresif di lintasan. dia adalah favorit di MotoGP 2020 bersama dengan Fabio (Quartararo),” ucapnya

BACA JUGA: Lorenzo Ragu Marquez Bakal Mendominasi di MotoGP 2020

“Dia berada di tahun kedua dan jika dia memenangkannya, selain Marquez, dia akan menjadi salah satu yang pertama (menjuarai MotoGP pada tahun kedua). Saya menang di musim ketiga saya di MotoGP,” tutur Lorenzo.

Jika Quartararo tidak menjuarai MotoGP 2020, Lorenzo sangat berharap Mir melakukannya. Seandainya Mir menjadi juara, pembalap berumur 23 tahun itu akan menjadi yang pertama melakukannya pada tahun kedua di MotoGP. Mir pun akan mengharumkan Mallorca seperti Lorenzo dulu.

“Akan luar biasa bagi Mallorca untuk memiliki juara dunia MotoGP lainnya. Jelas saya membela Fabio, karena kami membela merek yang sama, Yamaha, tetapi saya akan senang untuk Joan (Mir) jika dia menjuarainya. Jika Quartararo gagal menjadi juara, saya berharap melakukannya,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini