Gagal Podium di MotoGP Prancis, Vinales Salahkan Valentino Rossi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 38 2292382 gagal-podium-di-motogp-prancis-vinales-salahkan-valentino-rossi-AWc14InVMd.jpg Dua pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales harus puas hanya bisa membawa pulang enam poin dari balapan MotoGP Prancis 2020 yang berakhir pada Minggu 11 Oktober 2020 kemarin. Hal itu dikarenakan Vinales nyatanya hanya bisa finis di urutan ke-10 pada balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis tersebut.

Tentunya hasil itu cukup mengecewakan. Sebab Binales sebenarnya memulai race GP Prancis dari posisi yang cukup menguntungkan, yakni ia balapan dari peringkat kelima. Tentu berada di barisan kedua membuat peluang Vinales untuk berada di depan semakin tinggi.

Akan tetapi, pada kenyataanya Vinales gagal memulai balapan GP Prancis itu dengan benar. Ia bahkan sempat tertinggal jauh dari rider-rider lainnya ketika balapan memasuki tikungan ketiga, yang mana pada pada saat itu Vinales terlihat melebar dari lintasan.

Baca Juga: Start Kelima di MotoGP Prancis 2020, Vinales Masih Belum Yakin dengan YZR-M1

Maverick Vinales

Melebarnya Vinales itu pun bukan tanpa alasan. Ia menjauh dari lintasan karena demi menghindari terpelesetnya Valentino Rossi di tikungan ketiga tersebut. Vinales yang tepat berada di belakan Rossi lantas berusaha menghindar dan berjalan lurus menjauhi lintasan.

Vinales pun tak sendirian kala itu, Aleix Espargaro dan Joan Mir juga ikut melebar karena menghindari kecelakaan Rossi. Namun, Vinales bisa dikatakan menjadi pembalap yang paling terkena dampak dari kecelakaan Rossi tersebut.

Hal itu disebabkan karena Vinales menjadi rider yang paling tertinggal jauh dari pembalap lain usai berusaha menghindari dari kecelakaan Rossi. Mir dan Espargaro saja masih lebih cepat kembali ke lintasan dan mengejar pembalap lainnya.

Gara-gara hal itulah Vinales pada akhirnya hanya bisa finis di urutan ke-10 pada balapan MotoGP Prancis 2020. Ia mengaku kecelakaan Rossi telah membuatnya kesulitan mengejar rider-rider lain saat balapan baru berlangsung.

Kini Vinales hanya bisa berharap kejadian yang sama tak terulang lagi di balapan MotoGP Aragon 2020 yang berlangsung pada pekan depan. Ia tak ingin kembali tertimpa sial dan membuatnya gagal meraih hasil baik di balapan nanti.

Maverick Vinales

“Saya berharap nasib buruk selesai, karena di tikungan pertama saya terlibat dalam kecelakaan Valentino (Rossi). Untuk menghindari kecelakaan itu saya harus lurus, dan saya yang terakhir (kembali ke lintasan),” jelas Rossi, dikutip dari laman resmi YamahaMotoGP, Senin (12/10/2020).

“Kemudian saya mulai banyak bertarung dengan pembalap lain, tetapi saya tidak dapat menemukan ritme yang baik. Untungnya di akhir kami bisa tampil cepat. Saya senang motor kami bekerja dengan baik saat basah. Biasanya kami sedikit kesulitan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini