Begini Kronologi Kecelakaan Apes Valentino Rossi di MotoGP Prancis 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 38 2292293 begini-kronologi-kecelakaan-apes-valentino-rossi-di-motogp-prancis-2020-UFNtCRdzE3.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, meraih hasil yang kurang baik saat mentas di Sirkuit Le Mans, Prancis pada Minggu 11 Oktober 2020. Sebab pada balapan MotoGP Prancis 2020 itu, Rossi mengalami kecelakaan sehingga tak bisa menyelesaikan balapan seperti yang semestinya dilakukan.

Lantas bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi? Jadi, semuanya berawal dari Rossi yang memulai GP Prancis tersebut dari posisi ke-10. Memulai balapan dari barisan tengah, Rossi tampak berhati-hati memacu kuda besinya.

Hal itu dilakukan karena MotoGP Prancis 2020 itu berlangsung ketika lintasan masih basah karena habis diguyur hujan. Jadi, tak hanya Rossi saja yang berhati-hati, namun semua rider pun melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Meski Kecelakaan di GP Prancis, Valentino Rossi Merasa Penampilannya Tidak Buruk

Memasuki tikungan pertama dan kedua, Rossi terus berhati-hati sambil melaju dengan pelan. Apalagi pada saat itu ia masih berada dalam kerumunan lantaran balapan memang baru sangat dimulai.

Akan tetapi, entah kenapa di tikungan ketiga Rossi justru kehilangan fokus sehingga ia sempat kehilangan kendali terhadap motor bagian belakangnya. Rossi pun goyah dan akhirnya terpeleset.

Bila melihat tayangan ulang balapan, Rossi tampak ingin mencoba menyalip rider Suzuki Ecstar, Alex Rins. Namun, ia justru kehilangan kendali dan membuat balapan MotoGP Prancis 2020 untuknya berakhir dengan cepat.

Beruntungnya, kecelakaan Rossi itu tak menyeret rider lain. Sebab tiga orang pembalap yang tepat berada di belakang Rossi, yakni Maverick Vinales, Aleix Espargaro, dan Joan Mir, berhasil menghindari motor dan juga tubuh rider asal Italia tersebut.

Akan tetapi, karena menghindari Rossi, ketiga rider tersebut melebar dan membuat mereka tertinggal dari kawanan pembalap lain. Baik Vinales, Espargaro, dan Mir pun pada akhirnya kesulitan untuk mengejar dan memperbaiki posisi mereka di akhir balapan.

Momen kecelakaan Valentino Rossi di GP Prancis

Begitulah kurang lebih kronologi kecelakaan apes yang dialami Rossi. Terpelesetnya Rossi itu pun menjadi kecelakaan ketiga secara beruntun yang dirasakan sang pembalap di musim ini.

Sebelumnya Rossi sudah mengalami kecelakaan saat mentas di MotoGP Emilia Romagna dan seri Catalunya. Tentunya gagal finis di tiga balapan menjadi kerugian yang amat besar untuk rider berjuluk The Doctor tersebut karena ia telah kehilangan banyak poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini