Menangi MotoGP Prancis 2020, Danilo Petrucci Torehkan Catatan Spesial

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 11 Oktober 2020 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 38 2291966 menangi-motogp-prancis-2020-danilo-petrucci-torehkan-catatan-spesial-GjatnFkeAP.jpg Pembalap Ducati, Danilo Petrucci (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci, tampil sebagai yang tercepat kala melakoni balapan MotoGP Prancis 2020. Selain menjadi kejutan, kemenangan ini juga membuat Petrucci menorehkan catatan spesial.

Petrucci pasalnya kini menjadi pembalap pertama yang mampu memenangkan balapan di lintasan basah (wet race) sejak 2018. Sebab, sebelum gelaran MotoGP Prancis 2020 dimulai, Sirkuit Le Mans diguyur hujan yang tidak merata.

Balapan bahkan harus tertunda empat menit dari jadwal yang seharusnya. Akan tetapi, karena kondisi masih memungkinkan untuk menggelar balapan, maka seri kali ini pun tetap dilangsungkan. Hanya saja, jumlah putaran dikurangi dari 27 menjadi 26.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Prancis, Quartararo Makin Kukuh di Puncak

Danilo Petrucci

Sebelum ini, terakhir kali dilangsungkan balapan dalam kondisi lintasan basah adalah pada 2018, tepatnya pada gelaran MotoGP Valencia. Kala itu yang tampil sebagai pemenang adalah pembalap Ducati juga, Andrea Dovizioso.

Kendati demikian, harus disayangkan karena pada gelaran MotoGP Valencia 2018 tersebut Petrucci gagal melaju hingga garis finis. Padahal, pada saat itu Petrucci start dari posisi yang cukup bagus, yaitu keempat.

Sementara itu, di ajang MotoGP Prancis 2020 ini, Petrucci start dari posisi ketiga. Pembalap berkebangsaan Italia itu berhasil mempertahankan posisinya di jajaran depan setelah lolos dari kerumunan selepas start.

Persaingan sengit sempat terjadi di antara Petrucci, Andrea Dovizioso, Jack Miller, dan Alex Rins dalam memperebutkan posisi pertama. Meski begitu, Petrucci mampu tampil apik, berani melakukan duel, hingga akhirnya memenangi persaingan ini.

Ini merupakan podium sekaligus kemenangan pertama Petrucci di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Terakhir kali Petrucci memenangkan balapan adalah pada gelaran MotoGP Italia 2019 yang diselenggarakan Juni tahun lalu.

Danilo Petrucci

Meski meraih kemenangan, sayangnya Petrucci masih terjerembab di posisi ke-10 klasemen sementara dengan perolehan 56 poin. Karena, sebelum ini Petrucci selalu kesulitan untuk bisa bersaing di jajaran depan.

Hasil terbaik yang diperoleh Petrucci di MotoGP 2020 sebelum dilangsungkannya balapan di Le Mans ini adalah dengan finis ketujuh. Itu didapatnya pada gelaran MotoGP Austria 2020 yang berlangsung Agustus lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini